News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dua Prodi Jurusan Arsitektur UII Raih Level Akreditas Unggul

Dua Prodi Jurusan Arsitektur UII Raih Level Akreditas Unggul



WARTAJOGJA.ID – Dua program studi (prodi) Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia (UII) mampu meraih pencapaian yang membanggakan. Kedua prodi ini pun mampu menjadi salah satu rujukan pendidikan arsitektur di Indonesia.

Ketua Jurusan Arsitektur UII, Noor Cholis Idham mengatakan saat ini dua program studi (prodi) Jurusan Arsitektur UII yaitu Program Studi Sarjana Arsitektur (S1) dan Program Studi Profesi Arsitek (PPAr) mendapatkan pengakuan tertinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan level Akreditasi Unggul.

Berdasarkan sistem akreditasi nasional yang baru akreditasi itu selama lima tahun, 2020-2025. Akreditasi itu berdasarkan SK BANT-PT No.3523/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VI/2020 dan No.3522/SK/BAN-PT/Akredltnl/PP/VI/2020.

Sebelumnya, Jurusan Arsitektur UII meraih Akreditasi Internasional level tertinggi untuk pendidikan arsitektur di Indonesia (akreditasi penuh enam tahun) dari Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) pada awal 2020.

“Ini semakin menguatkan posisi Jurusan Arsitektur UII sebagai salah satu leader pendidikan arsitektur di Indonesia. Penganugerahan level tertinggi Akreditasi Unggul pada Program Sarjana dan Profesi tersebut tidak terlepas dari hasil usaha keras yang terus menerus dan konsisten,” katanya dalam konferensi pers secara virtual pada Senin (22/6).

Arsitektur UII mulai mencanangkan peningkatan kualitas pendidikan melalui program internasional sejak 2011. Kurikulum pendidikan arsitektur di UII mengikuti kualitas mutu internasional yang diratifikasi oleh Canberra Accord melalui KAAB.


Noor Cholis menyebut sarana dan prasarana pendidikan calon arsitek ini juga telah mengikuti standar baku global. Di antaranya berupa studio 24 jam 7 hari dalam seminggu yang dilengkapi kecanggihan Building Information Modelling (BIM), koleksi ribuan judul buku dan publikasi internasional yang dapat diakses non-stop, berbagai program student exchange serta rintisan double degree dengan perguruan tinggi di luar negeri dan sebagainya.

Noor Cholis mengatakan menyikapi era disrupsi industri 4.0 Jurusan Arsitektur UII juga selalu meningkatkan pembelajaran sesuai tren terkini (up to date) dengan materi kuliah tepat guna yang memanfaatkan teknologi secara maksimal.

“Keterbukaan dan kecepatan informasi telah mengarahkan pendidikan arsitektur menjadi lebih sesuai dengan zaman, cepat beradaptasi dengan situasi dan kondisi profesional maupun kebutuhan lingkungan sosial,” kata dia.

Ketika dunia sangat terdampak pandemi Covid-19 dan mengharuskan kuliah dari rumah atau online maka pendidikan ini relatif dapat terjaga kualitasnya.

Paket pendidikan jarak jauh yang dikemas dalam massive open online courses (MOOCs) ke depan bahkan telah disiapkan untuk mengantisipasi perkembangan zaman. “Dengan demikian pendidikan arsitektur di UII diharapkan akan selalu sesuai dengan yang dibutuhkan,” ucapnya.(wic/red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment