News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kampus UIN Yogya Jatah Mahasiswa Paket Internet Gratis

Kampus UIN Yogya Jatah Mahasiswa Paket Internet Gratis


WARTAJOGJA.ID : Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta memberi jatah paket internet gratis untuk dosen dan para mahasiswanya yang harus menjalani kuliah daring selama mewabahnya virus Corona (COVID-19). 

Pelaksana tugas (Plt) Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Sahiron, menuturkan kebijakan pemberian paket internet gratis itu untuk meringankan biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa dan menjalankan instruksi pemerintah dalam memerangi wabah Corona dengan menghindari aktivitas berkumpul dan berkerumun.

"Bentuk pembelajaran daring bervariasi tergantung pada kesepakatan antara dosen dan mahasiswa, dan yang penting  proses pembelajaran tidak memberatkan mahasiswa," ujarnya Rabu 8 April 2020.

Layanan free akses internet untuk sistem belajar online itu disediakan melalui berbagai operator provider selama dua bulan ke depan sejak April ini.

"Dengan fasilitas ini kami berharap mahasiswa tetap mendapat ilmu melalui semua proses pengajaran tersebut, baik dalam bentuk transfer ilmu dari dosen maupun dari penugasan yang ada,” ujar Sahiron.

Ketua Asosiasi Ilmu Alquran dan Tafsir (AIAT) se-Indonesia itu menambahkan pihaknya kini juga tengah mengusulkan ke pemerintah agar mahasiswa dapat diberi subsidi kuota internet gratis untuk menjalani masa perkuliahan daring ini. 

"Kami masih menunggu pemerintah pusat yakni Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Budaya tentang usulan kuota internet ini," ujarnya.

Ketua Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sunan Kalijaga Yogya Shofwatul Uyun mengatakan untuk memudahkan proses belajar-mengajar dan layanan administrasi kampus memberi fasilitas free access ke sistem online yang bekerjasama dengan Telkomsel dan Indosat-im3, melalui jaringan dan layanan Indonesian Research and Education Network (IdREN).

Shofwatul memaparkan IdREN merupakan jaringan yang dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan-kegiatan Pendidikan Tinggi (PT). 

Kampus-kampus yang tergabung dalam jaringan idRen disupport oleh dua provider tersebut. "IdREN akan menyukseskan peran digital perguruan tinggi dalam meningkatkan proses pembelajaran serta menciptakan lulusan yang berwawasan teknologi," ujar dia.

Shofwatul mengungkapkan, pemanfaatan jaringan ini untuk sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga gratis akses ke semua sistem layanan online khususnya sistem pembelajaran online melalui situs learning.uin-suka.ac.id, sistem perpustakaan dan akses jurnal (lib.uin-suka.ac.id), sistem layanan akademik (akademik.uin-suka.ac.id) dan sistem administrasi dan tatapersuratan (surat.uin-suka.ac.id).

“Sebenarnya pemanfaatan jaringan ini, tidak hanya diperuntukkan perguruan tinggi saja, tapi juga terbuka untuk kegiatan pendidikan dan riset, oleh lembaga-lembaga terkait dengan sumber daya pendidikan dan riset," ujarnya.

Saat ini pun, ujar dia, koneksi jaringan dan integrasi layanan bisa diakses di lembaga nasional, seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

PRI

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment