News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BCA Luncurkan Synrgy Academy dan Jogja Development Lab

BCA Luncurkan Synrgy Academy dan Jogja Development Lab


WARTAJOGJA.ID : Konsistensi dan upaya PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam menghadirkan digital innovation untuk memberikan kemudahan bagi nasabah terus dilakukan. 

Selain menawarkan beragam solusi perbankan berbasis digital, BCA juga berkomitmen untuk menjaring talenta IT terbaik di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan BCA adalah dengan meluncurkan program BCA SYNRGY Academy dan Jogja Development Lab (JDL) di Yogyakarta. 

Executive Vice President Digital Innovation Solutions BCA, Jayaprawirya Diah mengatakan bahwa BCA ingin membuka peluang seluas-luasnya bagi talenta muda khususnya yang ada di Yogyakarta untuk mengekspresikan diri dalam bidang IT. 

“Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong BCA untuk terus berinovasi di bidang digital. Namun sayangnya, kemajuan teknologi tidak diimbangi dengan jumlah dan kualitas talent yang mumpuni. Oleh sebab itu, kami memberikan sebuah wadah bagi talenta IT yakni BCA SYNRGY Academy sebagai tempat pendidikan non formal,” kata Jayaprawirya Diah dalam siaran pers Rabu 8 April 2020.

BCA SYNRGY Academy adalah program beasiswa yang diberikan kepada talenta IT di Indonesia melalui program bootcamp dengan kurikulum yang berfokus pada pembelajaran berbasis proyek untuk membekali siswa peserta bootcamp dengan pengetahuan teknis & keterampilan interpersonal sehingga dapat menjadi tenaga kerja profesional (ready to use). 

Selain program edukasi di bootcamp, salah satu benefit yang didapat para siswa lulusan BCA SYNRGY Academy adalah nantinya mereka juga akan dibantu untuk disalurkan ke dunia kerja yang membutuhkan talenta IT.

Untuk menjalankan program bootcamp angkatan pertama, BCA menjalin kerjasama dengan Binar Academy. Diharapkan kerjasama dengan Binar Academy ini bisa memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang lagi yang ingin berkecimpung ke dalam dunia digital. President Director Binar Academy, Alamanda Shantika mengatakan 

“Binar Academy percaya bahwa banyak talenta di Indonesia yang mempunyai kemauan dan skill yang dibutuhkan oleh berbagai industri dan juga transformasi digital selalu dimulai dari people. Oleh karena itu, kerja sama ini sangat penting untuk kami agar dapat memperkaya pengetahuan dan masa depan pemuda di Indonesia.”ujarnya.
Selain itu, BCA SYNRGY Academy juga menyediakan coworking space, sebuah ruang bersama bagi para siswa peserta program bootcamp dimana mereka bisa belajar, bekerja, serta mengikuti community event dan workshop secara gratis. Selain para siswa, startup-startup di Yogyakarta juga bisa mendaftar menjadi member untuk mendapat fasilitas coworking space gratis selama memenuhi persyaratan dan lolos seleksi.

Namun, di tengah merebaknya virus COVID-19 yang dapat menyerang siapapun, Jayaprawirya Diah menambahkan “BCA dan Binar Academy memprioritaskan kesehatan, rasa aman dan kenyamanan bagi semua yang terlibat di program ini. Oleh karena itu, program bootcamp untuk sementara waktu akan dijalankan secara online dan fasilitas coworking space juga akan ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.”

BCA SYNRGY Academy melengkapi komitmen BCA dalam mendukung kemajuan ekonomi digital Indonesia dari hulu ke hilir. Hulu nya adalah BCA SYNRGY Academy yang merupakan program pengembangan IT Talent di Yogyakarta, dan hilir nya adalah BCA SYNRGY Accelerator di Jakarta yang merupakan program akselerasi startup dimana sebagian besar pelakunya adalah para talenta IT yang kreatif dan berjiwa entrepreneurship. 

Pada kesempatan yang sama, BCA juga meluncurkan Jogja Development Lab (JDL) di Yogyakarta, yang merupakan bagian terintegrasi dari tim IT BCA yang berada di luar Jakarta. JDL mengemban beberapa misi utama selain membantu BCA dalam mengembangkan produk solusi teknologi yang dibutuhkan oleh bisnis berkolaborasi dengan tim di Jakarta, yaitu agar lebih dekat dengan IT Talent yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. JDL juga diharapkan dapat membangun relationship dengan komunitas di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, baik dengan cabang dan bisnis BCA, praktisi IT dan civitas akademisi IT. 

Vice President Application Management BCA, Carolina Ratna Sari Dewi mengatakan, sesuai namanya yang mengusung kata “Lab”, JDL akan menjadi semacam lab bagi perusahaan untuk ujicoba dalam pengembangan software. Para IT talent yang tergabung dalam JDL dapat belajar dan meningkatkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadikan IT BCA sebagai organisasi IT yang berkelas dunia.

JDL akan memanfaatkan Cutting Edge Technology dan Best Practices yang dapat digunakan BCA secara bisnis dan operasional dalam Digital Transformasi, seperti DevSecOps, SCRUM, eXtreme Programming (XP), Microservices, Cloud Native Application dan Platform sudah menjadi bagian dari portfolio JDL. 

“BCA SYNRGY Academy dan JDL ini merupakan langkah nyata dari BCA sebagai bentuk keseriusan dan komitmen kami dalam menjaring digital talent terbaik. Harapannya adalah melalui program ini, akan tumbuh bibit-bibit unggul di bidang IT dan dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi service excellence kepada nasabah dan masyarakat luas, serta turut berkontribusi dalam perekonomian nasional,” tutup Carolina.

(Wit/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment