News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hadapi Wabah Covid 19, Relawan Suwardi Center Bantu Warga

Hadapi Wabah Covid 19, Relawan Suwardi Center Bantu Warga

WARTAJOGJA.ID: Dampak wabah Covid 19 mulai terasa oleh  masyarakat dari berbagai kalangan. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan dan pergerakan ekonomi yang ada. Masalah ini menjadi pemikiran Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY Suwardi. Melalui Suwardi Center mencoba membantu pemerintah dan masyarakat, sehingga terbangun konstruksi pemikiran yang positif ditengah masyarakat dalam  menghadapi Wabah ini.

" Saat ini kita sudah mulai mendengar banyak keluhan dari masyarakat akibat wabah ini, baik soal ekonomi maupun sosial bahkan juga soal keamanan , jika keluhan tidak segera disikapi dengan cepat dan tanggap maka akan menjadi bola liar yang akan menjadi sulit untuk dikendalikan," ungkap Suwardi kepada wartawan di sela sela aksi edukasi hadapi wabah Covid 19 dan aksi penyemprotan desinfektan di desa Tirtosari , Kretek Bantul. Rabu (15/4)

Suwardi yang juga anggota DPRD DIY menambahkan  saat ini yang diperlukan ialah membangun Rekonstruksi sosial yang benar di tengah masyarakat agar masyarakat memiliki kesepahaman dan kebersamaan dalam menghadap wabah ini.

" Masyarakat saat ini masih sebatas menggunjingkan saja atau ngrasani dalam Bahasa jawa tentang nasib mereka. Saya mendengar sendiri bagaimana para pekerja informal, dari buruh hingga yang lainnya mengharapkan bantuan pemerintah, karena ekonomi yang mandeg," ujar politisi partai Golkar.

Oleh karena itu, imbuh Suwardi, selain melakukan aksi kesehatan dengan penyemprotan maka warga desa atau kampung perlu juga berembug untuk mengatasi permasalahan sosial dan keamanan yang ada di kampung, dan dengan gotongroyong menggunakan prinsip holopis kuntul baris , sehingga berbagai hal dan masalah bisa ditangani bersama sehingga terasa ringan.
"Inilah peran Suwardi Center yang membangkitkan serta melakukan pendampingan dan edukasi sehingga masyarakat atau warga dalam lingkungan terkecil akan tangguh dalam menghadapi wabah ini," terang  ketua Komisi A DPRD DIY ini.

Suwardi melihat bahwa desa memiliki kemampuan untuk membangun pranata sosial yang kuat dengan potensi yang ada , termasuk kemampuan pendanaan , hanya saja inisiasi menggerakan dan membangun kontruksi sosial yang benar untuk menghadapi kebencanaan ini yang perlu didorong. 

Hal senada juga diungkapkan Lurah Desa Tirtosari Longgar yang mengapresiasi langkah dan aksi yang dilakukan oleh relawan Suwardi Center.  

“kami sangat berterimakasih atas kegiatan yang dilakukan , dan semoga lingkungan sosial masyarakat tidak menjadi berubah karena wabah ini, tetapi justru membuat lebih kompak dengan semangat holopis kintul baris ,”pungkasnya. 

(Win/Sur)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment