News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hamil Tua, Gajah Gembira Loka Diperlakuan Special

Hamil Tua, Gajah Gembira Loka Diperlakuan Special

WARTAJOGJA.ID: Dua gajah betina koleksi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, beberapa pekan terakhir rutin diajak jalan-jalan oleh mahout (perawat gajah) mengelilingi Danau Mayangtirta di kompleks kebun binatang itu.

Pasalnya, gajah betina bernama Shinta yang sudah bunting tua, telah memasuki masa melahirkan. Sedangkan gajah bernama Seiji yang hamil muda turut menemani kawannya Shinta ‘berolahraga’. Melalui aktivitas ringan ini dimaksudkan agar kondisi kesehatan kedua gajah bunting itu dan bayi di kandungannya tetap prima.

“Dengan olahraga jalan sehat ini kami maksudkan agar metabolisme di dalam tubuh induk dan bayi di kandungan tetap baik. Sehingga saat melahirkan nantinya berlangsung lancar,”  ujar Kepala Bidang Kesehatan Satwa dan Nutrisi GL Zoo, drh Berta Alviyanto, Selasa (18/2).

Berta menjelaskan, usia kehamilan gajah betina Shinta sudah berusia 19 bulan, sedangkan Seiji 13 bulan. “Gajah memiliki periode kehamilan terlama, antara 18 bulan sampai 22 bulan,” sebut dia.

Dalam masa kehamilan ini kondisi kesehatan kedua gajah bunting itu dipantau terus. Kebutuhan nutrisinya dipenuhi. Selain diberi pakan rumput kalanjana juga ada tambahan menu sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti kacang-kacangan, pepaya, semangka, dan melon. Selain itu, pemeriksaan darah dan pemeriksaan ultrasonografi (USG) rutin dilakukan.

Dirut GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo menerangkan, satwa berbelalai koleksinya itu mendapat perlakuan khusus, sebagai salah satu upaya melakukan pembiakan terprogram.

Sementara itu Rohman Bagus, salah satu mahout GL Zoo menyebutkan, mengajak jalan-jalan gajah hamil itu dilakukan tiap pagi dan sore hari.  Selain itu, piket malam juga diberlakukan sejak akhir Januari lalu. Ini untuk memantau keadaan gajah, khususnya gajah Shinta yang sudah memasuki masa melahirkan. Diperkirakan, Shinta akan melahirkan pada akhir Maret atau awal April nanti.

GL Zoo memiliki koleksi 8 ekor gajah, terdiri dari  jantan 2 ekor dan 6 ekor lainnya betina. (Wit/Sap)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment