News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

The Iconomics Business Forum 2025, Sido Muncul Sabet Dua Penghargaan Sekaligus

The Iconomics Business Forum 2025, Sido Muncul Sabet Dua Penghargaan Sekaligus

WARTAJOGJA.ID – PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) berhasil membuktikan keunggulan strategisnya di tengah tantangan ekonomi global.

Produsen jamu dan obat herbal terkemuka tersebut sukses memborong dua penghargaan sekaligus dari The Iconomics, yakni The 50 Most Innovative CEO Awards 2025 dan Indonesia 20 Most Innovative CFO Awards 2025.

The 50 Most Innovative CEO Awards 2025 dan Indonesia 20 Most Innovative CFO Awards 2025 merupakan ajang penghargaan bergengsi yang kembali digelar oleh The Iconomics, yang pelaksanaannya telah memasuki tahun ketujuh.

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para pemimpin perusahaan yang menunjukkan keunggulan dalam inovasi dan tata kelola.

Kedua penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Keuangan Sido Muncul, Budiyanto.

Budiyanto menyampaikan bahwa apresiasi ini menjadi hasil dari kerja keras seluruh tim manajemen dan karyawan Sido Muncul.

"Penghargaan ini melambangkan kerja keras dari seluruh tim, bukan hanya di keuangan, bukan hanya operasi, tapi juga seluruh tim di Sido Muncul," ujar Budiyanto, Kamis (9/10).

Budiyanto menekankan kerja sama tim yang berhasil membuat produk Sido Muncul menjangkau pasar internasional dan dapat dijumpai di lebih dari 30 negara.

Mendapatkan penghargaan untuk kategori CEO dan CFO paling inovatif pada tahun yang spesial ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi manajemen.

Momen penerimaan penghargaan terasa makin spesial karena berdekatan dengan hari jadi perusahaan.

“Dua penghargaan ini terasa istimewa karena bertepatan dengan momentum menjelang HUT ke-74 Sido Muncul pada 11 November mendatang,” tambahnya.

Budiyanto menegaskan bahwa inovasi strategis menjadi pilar penting bagi perusahaan untuk memperkuat profitabilitas dan membangun fondasi keuangan yang berkelanjutan.

“Penghargaan ini bukan sekadar simbol prestasi, tapi bukti nyata komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tegasnya.

Budiyanto menyoroti aspek utama yang ditekankan dalam penghargaan ialah inovasi.

Sebagai Direktur Keuangan, Budiyanto menjelaskan inovasi strategis yang menjadi tonggak penting perusahan di bawah naungannya yakni fokus pada profitabilitas.


Tujuan utama dari peningkatan profitabilitas ini tentunya untuk menciptakan cadangan dana yang kuat.

"Tonggak penting adalah memastikan bahwa profitabilitas kami bisa lebih meningkat lagi, lebih tinggi dari yang sebelumnya," jelasnya.

Cadangan dana tersebut nantinya dapat dikelola untuk kebutuhan berekspansi dan riset.

Dengan demikian, produk ekspansi Sido Muncul dapat dirancang untuk menjangkau tren pasar anak muda dan segmen konsumen lainnya.

"Karena kalau profit meningkat, kami bisa ekspansi, melakukan riset, lebih macam-macam lagi, sehingga produk ekspansinya ini bisa menjangkau tren anak muda dan lain-lain," kata Budiyanto.

Kendati demikian, Budiyanto mengakui adanya tantangan pada paruh pertama tahun ini, yakni profit menurun 0,5% dari semester 1 tahun lalu.

Secara perinci, penurunan yang dialami ialah sekitar 0,5%, akan tetapi dibulatkan menjadi 1%.

Penurunan ini disebabkan oleh adanya pelemahan daya beli masyarakat dan kondisi ekonomi yang menantang.


Namun, manajemen tetap optimistis dan menargetkan pertumbuhan yang agresif hingga akhir tahun.

"Tetapi, kami berharap full year bisa bertumbuh 5% baik di penjualan maupun laba bersih," kata Budiyanto tegas.

Guna mengejar target 5% dalam tiga bulan tersisa, Sido Muncul telah menyiapkan peluncuran produk baru dan memperluas jaringan distribusi secara signifikan, termasuk ekspor.

Budiyanto berharap dengan membaiknya daya beli dan mengalirnya stimulus pemerintah, kesempatan untuk mencapai target 5% dapat ditangkap.

"Dalam 3 bulan, kami akan ada peluncuran produk baru, ada beberapa produk yang sudah kami siapkan," katanya.

Sido Muncul berkomitmen melanjutkan langkah inovatif, memperkuat kontribusi sosial, dan tumbuh bersama seluruh pemangku kepentingan.

Sementara itu, Founder & CEO The Iconomics Media, Bram S. Putro, memberikan apresiasi kepada para pemimpin bisnis yang menunjukkan kepemimpinan inklusif dan memberdayakan.

“Penghargaan ini tidak hanya menilai pencapaian bisnis, tapi juga kepemimpinan yang menginspirasi dan mendorong kemajuan ekonomi Indonesia,” jelas Bram.

Dengan capaian ini, Sido Muncul menegaskan posisinya sebagai perusahaan jamu dan farmasi nasional yang terus berinovasi, berdaya saing global, dan berdampak positif bagi masyarakat. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment