News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Kepuharjo Cangkringan Sleman Dorong UMKM Manfaatkan Peluang Wisata

Sarasehan SIBAKUL di Kepuharjo Cangkringan Sleman Dorong UMKM Manfaatkan Peluang Wisata

WARTAJOGJA.ID  : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Rabu 19 Juni 2024 di Balai Kel. Kepuharjo, Dusun Pagerjurang, Kel. Kepuharjo, Kap. Cangkringan, Kab. Sleman  

Hadir sebagai narasumber sarasehan bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu Dra. Rita Nurmastuti, M.Pd. selaku Anggota DPRD DIY, Heri Suprapto selaku Lurah Kepuharjo, Sumijo selaku Praktisi/Coach/UMKM Inspiratif/Tokoh Publik, dan Wisnu Hermawan S.P., M. T, selaku PLH. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY.

Cangrkingan merupakan salah satu Kecamatan dari 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman yang berada di lereng Gunung Merapi sisi tenggara. Lokasi Cangkringan memiliki sejumlah destinasi wisata yang turut menggerakkan UMKM di wilayah itu.

Wisnu Hermawan S.P., M. T, selaku PLH. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY mengatakan sebagai kawasan yang memiliki banyak spot destinasi dan dikunjungi banyak wisatawan, spirit ekonomi dan spirit lingkungan di wilayah Cangkringan harus berjalan secara simetris. 

"Jika sebelum 2010 hanya satu destinasi di Cangkringan, kini sudah 11 ada 11 destinasi, itu tentu menjadi penggerak UMKM yang efektif apalagi di kawasan itu ada berbagai produk suvenir seperti kaos khas hingga kuliner khas," kata Wisnu.

Wisny mengatakan bahwasanya daerah yang cukup ramai wisatawan maka UMKMnya akan turut hidup.

"Di Cangkringan penjual kaos bisa kebanjiran pesanan, bentuk kreasi makanannya juga berkembang seperti minuman labu siyem,"

"Hanya kekhasan itu perlu dijaga seperti kemasan disesuaikan, kalau labu siyem ya gambar kemasannya labu siyem jangan buah lainnya, sertakan keterangan manfaat dan lainnya," kata Wisnu.

Wisnu mengatakan ketika suatu daerah wisatanya sudah bagus UMKM yang ada juga harus bisa memberikan pelayanan yang prima kepada wisatawan.

"Pelayanan yang optimal dari segi rasa dari segi kualitas kemudian keamanannya, sudah halal belum, kalau diawetkan apa ada PIRT nya, apa sudah ada izin edarnya," kata Wisnu.

Wisnu juga mendorong tiap pelaku UMKM miliki OSS juga NIB. Kalau yang belum punya bisa daftar..

"Daftar segera ke aplikasi Sibakul untuk menjadi binaan dari dinas koperasi, dengan itu pelaku UMKM bisa juga difasilitasi free ongkir jika kirim ke luar Yogyakarta," kata Wisnu.

Sarasehan SIBAKUL ini sebagai satu komitmen Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment