News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Bambanglipuro Bantul, UMKM Didorong Bekali Diri Dengan Berbagai Wawasan dan Ketrampilan

Sarasehan Sibakul di Bambanglipuro Bantul, UMKM Didorong Bekali Diri Dengan Berbagai Wawasan dan Ketrampilan


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY berkomitmen dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya.

Salah satunya melalui Sarasehan SiBakul yang digelar pada 20 Juni 2024 berlokasi di Limasan Ngambah, Dusun Ngambah, Kel. Mulyodadi, Kap.
Bambanglipuro, Kab. Bantul.

Sarasehan bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber Sigit Pribadi, S.Fill.I. selaku Anggota DPRD DIY, Aris Eko Nugroho, SP., M.Si selaku Paniradya Pati, Lurah Mulyodadi dan
Herry Fahamsyah M.M., M.I.P. selaku Praktisi/Coach/UMKM Inspiratif.

Mulyodadi merupakan salah satu desa wisata berbasis UMKM, Kalurahan Mulyodadi bersama TPPKK Kalurahan melakukan percepatan pengembangan UMKM dengan mendirikan kelompok-kelompok usaha baik di bidang kuliner maupun di bidang kerajinan. 

Kalurahan intens melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok UMKM ini dengan kegiatan pelatihan dan penyuluhan terkait pengolahan produk sesuai standard kesehatan; pemerolehan PIRT, NIB, serta sertifikat halal;packaging;pembuatan stiker logo produk; serta digital marketing. 

Mulyodadi juga telah memiliki Kantor dan Lab Bisnis Desa Preneur sekaligus launching aplikasi "Mulyodadi Sadean”.

Dari adanya Kantor dan Lab Bisnis Desa Preneur ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi UMKM Mulyodadi sehingga dapat meningkatkan nilai penjualan dan pendapatan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu langkah yang telah ditempuh oleh Desa Preneur Kalurahan Mulyodadi adalah membuat unit usaha yang kemudian disebut Toko offline "Mulyodadi Sadean" sebagai sarana prasarana bersama atas produk dan jasa yang diproduksi oleh warga Kalurahan Mulyodadi

Mulyodadi sadean juga memiliki inovasi baru guna meningkatkan penjualan dan pemasaran produk- produknya, inovasi tersebut adalah penjualan berbasis online yaitu melalui Website Mulyodadi Sadean.

Puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kalurahan Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul juga  telah mengikuti program Pelatihan E-Business yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).Ini bertujuan untuk menaikkan kelas UMKM, yang secara keseluruhan memaparkan tema digital marketing kepada para pelaku UMKM.

Aris Eko Nugroho, SP., M.Si selaku Paniradya Pati mengatakan pemberdayaan UMKM bisa dimulai dengan melihat potensi desa yang bisa membuat perekonomian masyarakat bisa meningkat.

"Itulah yang kemudian dikerjakan dan fokus karena inilah yang sulit. Anggarannya tidak begitu banyak namun ingin semua dikerjakan maka perlu fokus," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment