News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kewirausahaan UMKM Mantrijeron: Mendukung UMKM Lokal di Yogyakarta

Kewirausahaan UMKM Mantrijeron: Mendukung UMKM Lokal di Yogyakarta

Seminar Bisnis dan Kick Off Inkubator 
Caption - Pemateri sekaligus Founder Chocolate nDalem Yogyakarta, Meika Hazim saat memaparkan materi. (Foto: Hendro SB/Warta Jogja)

WARTAJOGJA.ID – Majelis Ekonomi & Pariwisata PCM Mantrijeron bekerja sama dengan Lazismu Mantrijeron menggelar acara "Seminar Bisnis dan Kick Off Inkubator Kewirausahaan UMKM Mantrijeron" di Hotel Matahari Yogyakarta, Minggu (9/6/2024). Acara yang dihadiri sekitar 70 pelaku UMKM ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas usaha kecil dan menengah di Kemantren Mantrijeron, Yogyakarta.

Diketahui bahwa Yogyakarta memiliki potensi besar dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor UMKM menjadi salah satu pilar utama perekonomian daerah ini, menyerap lebih dari 70% tenaga kerja di Provinsi DIY. Menyadari potensi tersebut, Majelis Ekonomi & Pariwisata PCM Mantrijeron dan Lazismu Mantrijeron berkolaborasi untuk mengadakan seminar bisnis dan meluncurkan program inkubator. 

Koordinator Majelis Ekonomi & Pariwisata PCM Mantrijeron, Havri Ahsanul Fuad menjelaskan, acara ini dirancang untuk memberikan dukungan konkret kepada para pelaku UMKM di Kecamatan Mantrijeron. Melalui serangkaian kegiatan komprehensif, para peserta seminar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka. 

"Selain itu juga, program inkubator memberikan akses ke berbagai sumber daya bisnis dan bantuan permodalan," ungkap Havri. 

Program inkubator akan berjalan selama enam bulan untuk UMKM terpilih. Para peserta mendapatkan pembinaan intensif dari para ahli kewirausahaan serta bantuan permodalan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka. Diharapkan, program ini memberikan dampak positif signifikan terhadap pertumbuhan UMKM di wilayah ini.

"Kami sangat antusias dengan pelaksanaan acara ini. Kami berharap, melalui seminar dan program inkubator ini, para pelaku UMKM di Mantrijeron dapat semakin berkembang dan berkontribusi lebih besar dalam perekonomian lokal," harapnya. 

Acara ini mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan, termasuk para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat berkelanjutan.

Seminar Bisnis dan Kick Off Inkubator Kewirausahaan UMKM Mantrijeron ini merupakan langkah konkret dalam mendukung perkembangan UMKM di Yogyakarta, khususnya di Kemantren Mantrijeron. Dengan adanya program ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih siap menghadapi tantangan bisnis dan mampu meningkatkan daya saing mereka di pasar.

Sementara itu, Meika Hazim yang didapuk sebagai Pemateri dalam acara tersebut membagikan beberapa tips menarik dalam memulai usaha. Terdapat dua poin penting yakni yang pertama adalah cara memulai membangun usaha lalu yang kedua adalah mencari cara langkah bertahan setelah membangun usaha itu. 

Sebagai langkah awal, pihaknya sengaja membagikan kedua tips tersebut agar mudah dilakukan oleh peserta yang memulai usahanya dari nol terutama teman-teman di Kecamatan Mantrijeron. 

"Salah satu tips yang paling diminati oleh para peserta adalah adaptasi. Bisa dilihat bagaimana mereka melihat konsumen lalu juga melihat adaptasi dari soal harga," jelas Meika yang juga Founder Chocolate nDalem Yogyakarta ini. (*) 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment