News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Unik, Wisuda SMK M I Turi Sleman Ala Penganten

Unik, Wisuda SMK M I Turi Sleman Ala Penganten

WARTAJOGJA.ID - Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Turi Sleman Yogyakarta Sardi memberikan suasana berbeda dalam acara Wisuda Purna Siswa SMK Muhammadiyah I Turi Sleman tahun ajaran 2023/2024 dengan " nyondro " ala pengantin pada iring- iringan kirab puluhan siswa yang wisuda.

Pengumuman kelulusan di SMK Muhammadiyah 1 Turi Sleman dikemas dalam kegiatan bernuansa budaya. Hal ini dilakukan untukmeminimalisir anak melakukan konvoi kelulusan yang bisa mengganggu ketertiban masyarakat.

" Pengumuman kelulusan siswa ini sekaligus dirangkai dengan acara wisuda purna siswa tahun pelajaran 2023/2024 dan penyerahan kembali anak dari sekolah ke orang tuanya. Seluruh siswa kelas XII dinyatakan lulus (100 persen lulus)," ungkap Sardi disela - sela acara, Senin ( 6/5/2024).

Sardi mengatakan potensi seni dan budaya siswa di SMK Muhammadiyah I Turi Sleman Yogyakarta cukup besar sehingga perlu untuk ditampilkan.

"Kita coba mengeluarkan potensi seni dam budaya siswa di acara ini," ujarnya.

Sebelum prosesi wisuda, diadakan kirab budaya iring-iringan para lulusan, di mana kepala sekolah SMK Muhammadiyah I Turi Sardi juga turut nembang dan bertindak sebagai dalang. Saat iring - iringan siswa yang di wisuda keluar dari ruang kelas, Sardi mulai nyondro seperti layaknya saat pengantin jalan menuju pelaminan. Di barisan depan ada cucuk lampah. Suasananya persis dalam sebuah hajatan pengantin, sehingga suasana sacral an menarik. Hal ini baru kali ini dilakukan oleh SMK Muhammadiyah I Turi dan mungkin belum da sekolah lain yang melakukannya.

Dalam acara wisuda urna Siswa ersebut dieriahkan pula dengan persembahan tari-tarian oleh siswa, seperti tari Angguk Manis dan Wonderland, serta solo song.

"Kami terus memotivasi siswa untuk berani melangkah dalam pelestarian budaya Yogyakarta yang adiluhung," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Sardi, SMK Muhammadiyah 1 Turi memiliki tiga kompetensi/jurusan yaitu akuntansi dan keuangan lembaga, teknik komputer dan jaringan, tata boga. Sekolah terus menyosialisasikan ketiga jurusan tersebut ke masyarakat, karena prospektif dan sangat diminati oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) saat ini maupun di masa mendatang.

"Kami bersyukur, banyak siswa kami yang belum lulus sudah direkrut bekerja di berbagai bidang industri. Ini membuktikan lulusan kami (SMK Muhammadiyah 1 Turi) memiliki keterampilan (unggul) sehingga sangat diminati Dunia Industri," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment