News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Sidomoyo Godean Bidik Kebangkitan UMKM Pedesaan Melek Tekologi

Sarasehan SIBAKUL di Sidomoyo Godean Bidik Kebangkitan UMKM Pedesaan Melek Tekologi

WARTAJOGJA.ID: Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Kamis 02 Mei 2024 di Joglo Pawiro Sumarto, jalan Ngapak-Kentheng KM7, Kelurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman Yogyakarta. 
Dalam kesempatan itu hadir sebagai narasumber Sofyan Setyo Darmawan, ST., M.Eng selaku Anggota DPRD DIY, Drs Trisaktiyana, M.Si selaku Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY, Hariyadi selaku Lurah Sidomoyo Godean, dan Praktisi/Coach/UMKM Inspiratif.
Kelurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman Yogyakarta selama ini terkenal dengan potensi UMKM mulai dari kuliner olahan hingga produk kerajinan berbahan kayu juga kain. Produk yang dihasilkan di wilayah ini antara lain ada jenis makanan-minuman, kain batik, blangkon, pupuk organik, beras organik dan masih banyak lagi.
Sidomoyo Godean juga memiliki gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang merupakan UMKM yang bergerak di bidang ketahanan pangan. Gapoktan ini memiliki visi sebagai lembaga usaha ekonomi produktif yang maju, mandiri, kreatif dan inovatif untuk mensejahterakan petani.
Selain memproduksi Genteng dan Batu Bata, terdapat juga Kerajinan Anyaman Bambu Tradisional yang membuat berbagai jenis seperti Besek, Tepas, Tambir, Tumbu dan Tampah. 
Drs Trisaktiyana, M.Si selaku Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY menuturkan hingga memasuki awal 2024, kondisi ekonomi daerah kembali normal dan banyak memberikan tantangan dan harapan. Pertumbuhan ekonomi DIY bisa bertahan pada angka 5 persen, dengan tingkat kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masih menjadi problematika yang kembali harus dientaskan,; merupakan ekses yang harus ditangani secara bijak dan berkelanjutan. 
Artinya, pada tahun 2024 ini, skema pembangunan kawasan perdesaan dan perkotaan yang berkelanjutan dengan pemberdayaan UMKM secara berkelanjutan harus kembali digiatkan seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan, penurunan ketimpangan, dan menekan angka pengangguran; melalui kegiatan ekonomi produktif.
Berpijak pada hal tersebut, Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pengembangan transformasi usaha pada berbagai aspek, seperti diantaranya kebijakan TRANSFORMASI DIGITAL melalui system SIBAKUL JOGJA.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment