News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Crew Relawan AmbulanMU se DIY Ikuti Gathering Di PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Ratusan Crew Relawan AmbulanMU se DIY Ikuti Gathering Di PKU Muhammadiyah Yogyakarta

WARTAJOGJA.ID : Lebih dari 200 crew AmbulanMU di wilayah DI Yogyakarta mengikuti Gathering Relawan AmbulanceMu di
Bertempat di Gedung KH Sudjak RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta JI. Bhayangkara Minggu 19 Mei 2024.

Gathering yang digagas Majelis Pembina Kesejahteraan Sosial, FORPAM DIY dan PKU Muhammadiyah Yogyakarta itu menjadi ajang untuk berkumpul dan silaturahmi para crew AmbulanMU se DIY sembari kembali pelatihan Bantuan Hidup Dasar atau BHD.

Acara yang diawali dengan semangat yang diiringi lantunan Mars Sang Surya dan Mars AmbulanMU itu dihadiri juga Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dr. Mohammad Komarudin, Sp. A.

Dalam sambutannya Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
menyampaikan apresiasinya atas antusias seluruh crew relawan dalam menghadiri gathering itu.

"Melalui gathering ini selain untuk berkumpul dan silaturahmi antara segenap Crew AmbulanMU se DIY juga diadakana refreshing dan pelatihan  BHD (Bantuan Hidup Dasar)," kata dia.

"Karena penanganan awal kasus emergency oleh crew AmbulanMu yang tepat bisa mengurangi penderitaan pasien dan pasien bisa tertolong dengan maksimal," ujar  Komarudin.

Komarudin menuturkan PKU Muhammadiyah Yogyakarta memiliki nilai historis yakni sebagai RS Pertama yang dibangun oleh Bumi Putera sejak jaman Belanda jauh sebelum Indonesia merdeka.

"Saat ini sedang dalam proses pembangunan kembali, PKU Muhammadiah Yogya Reborn dengan fasilitas yang lebih canggih dan layanan paripurna dan selama proses pembangunan kembali tetap melayani pasien sebagaimana biasa," tegas Komarudin.

Direktur Sumber Daya Insani dan Al-Islam Kemuhammadiyahan DR. H. Muhammad Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A yang juga Ketua PWM DIY mengatakan penguatan relawan ambulanMU untuk menjadi relawan yang yang memiliki semangat dan teologi al Ma’un dan profesional.  

“Relawan AmbulanMU dalam pengabdiannya hendaknya terus ditingkatkan, harapannya selain memberikan pertolongan juga bisa memberikan pengetahuan kepada pasien agar tetap menjadi seorang yang memahami bahwa sakit adalah sesuatu yang wajar sesuatu yang dari Allah subhanahu wa ta’ala sehingga seorang driver itu di samping dia bisa memberikan layanan antar paripurna juga sekaligus mampu menjadi penjaga ideologi psikologis pasien dan keluarga pasien dan menjadi relawan AmbulanceMU yang ihsan”.

Materi Bantuan Hidup Support dari team UGD PKU Jogja dengan teori kemampuan teknik-teknik dasar BHD seperti CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), penanganan luka, dan tindakan pertama pada kecelakaan. Para crew AmbulanMu juga diberi pengetahuan soal Sistem penanggulangan Gawat Darurat Terpadu dan pengenalanan alat serta dilaksanakan dengan praktek oleh perwakilan relawan Ambulanmu 5 daerah dalam menangani pasien emergenci  dan dilakukan evaluasi kegiatan oleh peserta dan team UGD untuk menjadi pembelajaran bersama.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment