News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KiriminAja x Plugo: Bisnis Lebih Maju jadi Juara dengan Strategi Brand Lokal Penuh Akal

KiriminAja x Plugo: Bisnis Lebih Maju jadi Juara dengan Strategi Brand Lokal Penuh Akal


WARTAJOGJA.ID : Di era digital yang terus berkembang pesat, persaingan bisnis tak lagi terbatas pada lingkup lokal. Brand-brand lokal kini memiliki peluang untuk menembus pasar nasional, bahkan internasional. Namun, untuk meraih kesuksesan tersebut, diperlukan strategi yang matang dan eksekusi yang tepat sasaran. 

Hal inilah yang menjadi pembahasan dalam acara "Bisnis Lebih Maju Jadi Juara" yang diselenggarakan oleh KiriminAja dan Plugo pada Jumat, 17 Mei 2024, di Antologi Collaborative Space.

Sebelum acara masuk kepada intinya, terdapat pengenalan Brand KiriminAja dan Plugo yang dilakukan oleh Izki Aldrin (Direktur Plugo Indonesia) dan Haryadi Syarif selaku CCO KiriminAja yang mengenalkan kepada khalayak yang hadir tentang Plugo dan KiriminAja..

KiriminAja dan Plugo merupakan dua bisnis yang melebarkan sayapnya di ranah bisnis digital. KiriminAja, sebagai platform pengiriman barang dengan beragam pilihan ekspedisi terbaik di Indonesia, menawarkan solusi pengiriman paket seperti COD, Non COD, Kargo, dan Instan bagi para pebisnis lokal.

Sementara itu, Plugo hadir sebagai Platform Manajemen Toko All-in-One yang bertekad membantu bisnis lokal memaksimalkan potensinya, baik secara online maupun offline, melalui berbagai program. Salah satunya adalah komunitas Seller Juara yang bertujuan mengembangkan bisnis UMKM.

Setelah itu, dalam acara ini, para pelaku bisnis yang hadir berkesempatan mendengarkan talkshow yang berharga dari dua pembicara utama yang telah sukses mengembangkan brand lokal mereka hingga menjadi market leader.

Pertama, M. Hidayat Rifai, Co-Founder & CEO CRSL, berbagi pengalamannya dalam membangun brand fashion lokal yang kini telah merambah pasar nasional. Mengisahkan kesuksesan, Hidayat atau yang biasa disapa dengan Dadat menguraikan strategi brilian yang digunakannya, mulai dari memahami keinginan pasar hingga menciptakan produk yang unik dan berkualitas tinggi.

Dadat menjelaskan “untuk menerapkan strategi brand dan marketing yang tepat, kita perlu memahami perilaku konsumen secara detail melalui customer persona dan mengetahui pain dan gain di bisnis kita agar bisa menyesuaikan karakter brand dengan target konsumen dan memajukan bisnis”.

Selain itu, pembicara kedua, Indah W. Wardani, Founder & CEO Ederra, dengan gaya bertutur yang memikat mengisahkan kesuksesan brand fashion lokalnya yang berhasil meraih hati konsumen di seluruh Nusantara. Dengan sentuhan persuasif, Indah memaparkan pentingnya membangun hubungan erat dengan pelanggan, serta memanfaatkan kekuatan media sosial untuk meningkatkan awareness dan loyalitas merek.

Indah menuturkan “brand harus adaptif dengan tetap memegang nilai bisnis, mengikuti tren pasar untuk profit, dan sebagai pemilik bisnis, kita perlu kesiapan mental untuk tanggung jawab yang lebih besar seiring pertumbuhan bisnis yang bersifat maraton, bukan sprint” .

Sepanjang sesi, para hadirin terpukau oleh insight-insight berharga yang disajikan kedua pembicara. Mereka tidak hanya berbagi strategi pemasaran yang efektif, tetapi juga menekankan pentingnya konsistensi, inovasi, dan kegigihan dalam mengelola brand lokal agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

Furqanda Labarza, Sr. Marketing Plugo, yang bertindak sebagai moderator, memandu diskusi dan memastikan setiap pertanyaan dari audiens terjawab dengan baik. Suasana hangat dan interaktif tercipta, menciptakan ruang bagi para pelaku bisnis online untuk saling berbagi pengalaman dan memperkuat jaringan mereka.

Kolaborasi antara KiriminAja dan Plugo ini merupakan langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal di era digital. Kedepannya akan ada lanjutan rangkaian event talkshow, webinar, dan workshop bisnis yang dirancang untuk semakin memperkuat kemampuan para pebisnis lokal dalam menghadapi tantangan digital. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu para pebisnis lokal memaksimalkan potensi mereka di ranah digital, mulai dari media sosial, e-commerce, hingga website.

Acara "Bisnis Lebih Maju Jadi Juara" ini tidak hanya memberikan wawasan berharga bagi pemilik brand lokal, tetapi juga menginspirasi mereka untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar nasional. Dengan strategi yang tepat dan eksekusi yang konsisten, brand lokal Indonesia berpotensi meraih kesuksesan yang lebih besar dan menjadi pemimpin pasar di industri masing-masing.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment