News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kapolda DIY dan Sultan HB X Hadiri Silaturahmi Bareng Nayantaka

Kapolda DIY dan Sultan HB X Hadiri Silaturahmi Bareng Nayantaka

WARTAJOGJA.ID : Nayantaka, paguyuban Lurah dan pamong kalurahan di DIY menggelar acara silaturahmi dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Sabtu 18 Mei 2024. Silaturahmi itu digelar di sekretariat Nayantaka yang ada di Jalan Jenggotan, Bumijo, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan nantinya akan ada dinas baru yang saat ini masih dalam penyusunan. Dinas baru, kata Sultan HB X akan mengurusi tentang penduduk dan catatan sipil beserta pemberdayaan masyarakat. 

Selain itu Sultan HB X juga meminta agar kalurahan-kalurahan di DIY dapat membangun akuntabilitas publik. Sultan HB X berharap lewat lurah dan perangkatnya dapat lebih terbuka kompetensi dan lebih terbuka pada kritik dan juga aspirasi publiknya rakyatnya.

“Kami berharap fungsi kalurahan di dalam kabupaten itu yang sudah mendapatkan Award level A semua dapat membangun akuntabilitas pada publik masyarakat jogja melalui pemberdayaan masyarakat di kalurahan," kata Sultan HB X.

Sultan HB X juga berharap agar di setiap kantor kalurahan pemasangan barcode yang isinya tidak hanya potensi Kelurahan saja tetapi hal-hal yang menyangkut kepentingan publik. Harapannya publik dapat mengakses layanan dengan cepat dan mudah yang merupakan salah satu bentuk dari akuntabilitas kalurahan.

Sementara itu Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyampaikan situasi kamtibmas di DIY berjalan dengan baik dan beberapa hal yang sifatnya menonjol sudah dapat terkendali. 

Suwondo menyebut bahwa pengamanan keamanan yang dinikmati saat ini bukanlah sekadar anugerah tetapi lahir dari upaya dan kerja keras bersama antara Polri, TNI, Pemprov, Lurah, Jagawarga dan masyarakat. 

"Jadi tidak ada yang merasa paling penting diantara semua yang saya sebutkan atau kita semua dalam menjaga keamanan karena tidak ada yang bisa terjadi adanya koordinasi dan kolaborasi tadi terkhusus setelah pemilihan presiden dan anggota DPR, DPRD baik provinsi maupun kabupaten," kata Suwondo.

“Yogyakarta tidak perlu kita khawatirkan dan ini memberikan bukti bahwa kebersamaanlah yang menentukan ini berjalan dengan baik bukan tentang seseorang atau figur tertentu di bidang keamanan yang merasa paling superior dalam pelaksanaan," sambung Suwondo.

Suwondo menambahkan ke depan ada agenda politik yaitu Pilkada 2024. Suwondo berharap agar Pilkada 2024 bisa berjalan dengan aman dan baik. Untuk itu diperlukan peran bersama dari semua elemen masyarakat untuk menjaga kondusifitas di DIY.

"Perlunya diingat situasi ke depan menjelang Pilkada bahwa Pilkada tidak akan menghentikan kegiatan atau situasi yang ada. Kita berharap pada situasi yang tetap tenang karena industri pariwisata, budaya dan pendidikan tentunya sangat bergantung dengan keamanan. Untuk itu perkembangan ekonomi Yogyakarta adalah saudara kandung yang harus saling dijaga dan jaganya harus bersama-sama,” tutup Suwondo.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment