News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Sewon Bantul, Ajak Pelaku UMKM Bidik Potensi Lokal Yang Melimpah

Sarasehan Sibakul di Sewon Bantul, Ajak Pelaku UMKM Bidik Potensi Lokal Yang Melimpah

WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL Selasa 16 April 2024 di Jaranan RT 01, 
Panggungharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta.

Sarasehan bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber Andriana Wulandari, SE selaku Anggota DPRD DIY, Aris Eko Nugroho, SP. M.Si selaku Paniradya Pati, Wahyudi Anggoro Hadi, S. Farm., APt selaku Lurah Panggungharjo, dan Deddy Prasetyawan S. Par selaku pendamping UMKM Inspiratif.

Kecamatan Sewon Bantul memiliki segudang UMKM berkembang. Misalnya Sewon utara memiliki potensi untuk pengembangan UMKM dengan memanfaatk bahan lokal. Seperti olahan makanan dari bahan usus dan ceker ayam yang didapatkan dari Rumah Pemotongan Ayam (RPA).

Di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini juga banyak
sekali dikembangkan tempat makan diantaranya mulai dari tempat makan pinggir jalan hingga tempat makan yang berkelas yang menyediakan berbagai jenis makanan
dan minuman. 

Potensi sumber pangan
lokal cukup beragam dan relatif banyak tersedia di Kecamatan Sewon. Di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta merupakan daerah memiliki sumber daya yang beragam contohnya padi, jagung, ubi, singkong, sukun, ketela dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, di daerah ini terdapat juga
tambak ikan nila, lele, dan bandeng. Selain berbagai jenis ikan, disini terdapat juga peternakan ayam serta peternakan sapi dan kambing. 

Aris Eko Nugroho, SP. M.Si selaku Paniradya Pati DIY mengatakan
Sarasehan Sibakul ini hadir untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat tentang kebijakan pembangunan daerah dengan menggali kearifan local yang memiliki nilai universal  dalam membangkitkan perekonomian daerah.  

Acara ini bertujuan melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM local.

"Juga melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local, dan
memberdayaan potensi local dalam sarasehan sibakul untuk memahami geliat upaya pembangunan daerah yang memberdayakan dan saling menginspirasi," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment