News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Jetis Kota Yogyakarta, Dorong UMKM Tembus Pasar Lebih Luas

Sarasehan Sibakul di Jetis Kota Yogyakarta, Dorong UMKM Tembus Pasar Lebih Luas


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL dalam upaya pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya.

Acara Sarasehan SIBAKUL ini digelar
 Kamis tanggal 18 April 2024 diPendopo Kemantren Danurejan, Jln Hayam Wuruk 28, Danurejan, Kota Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber 
DR. Stevanus Christian Handoko, S.Kom., MM. selaku Anggota DPRD DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY, Bambang Endro Wibowo, S.I.P., M.Si selaku Mantri Danurejan dan Umi Murtini selaku pendamping UMKM Inspiratif.

Mantri Pamong Praja Kemantren Danurejan, Bambang Endro Wibowo mengungkapkan, potensi pasar UMKM du wilayahnya sebenarnya besar mengingat di wilayah Danurejan ini juga menjadi pusat perkantoran dan niaga.

“Di Danurejan ada BUMN PT KAI, ada pusat pemerintahan Propinsi DIY Kepatihan, ada banyak hotel dan penyangga kawasan wisata Malioboro dan ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal,” ujarnya.

Disisi lain potensi UMKM makanan juga bagus. Di wilayah Kemantren Danurejan ada olahan produk buah jambu di wilayah Suryatmajan, di wilayah Gemblakan ada produk kacang bawang yang bisa dibranding seperti halnya kacang disko di Bali.

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY mengatakan
Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pengembangan transformasi usaha pada berbagai aspek, seperti diantaranya kebijakan TRANSFORMASI DIGITAL melalui system SIBAKUL JOGJA. 

"Salah satu upaya strategisnya adalah menyelenggarakan talkshow sarasehan UMKM yang diadakan pada lokasi perdesaan dan juga beberapa wilayah perkotaan yang strategik," kata dia.

Harapannya, terjadi silang diskusi, masukan, hingga pencerahan dan inspirasi antar pemangku kepentingan yang lintas sector maupun lintas kewenangan, dalam membangun ekonomi perdesaan yang berbasis UMKM pada wilayah setempat. 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment