News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Patuk Gunungkidul, Sarasehan Sibakul Ajak Pelaku UMKM Kolaborasikan Sektor Wisata dan UMKM

Di Patuk Gunungkidul, Sarasehan Sibakul Ajak Pelaku UMKM Kolaborasikan Sektor Wisata dan UMKM

WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY terus berupaya untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya salah satunya melalui Sarasehan SIBAKUL.

Gelaran kali ini dilakukan Kamis 
04 April 2024 di Balai Kel. Bunder, Kap. Patuk, Kab. Gunungkidul 

Hadir sebagai Narasumber Bambang Setyo Martono, SE., MBA. selaku Anggota DPRD DIY, Maryadi - Lurah Bunder, Arif Kurniar Rakhman - Direktur PT Kala Citra Nuswantara 
Konsultan Komunikasi dan Branding dan Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Usaha Mikro dan Kecil dan Sektor Pariwisata merupakan sektor kunci ekonomi lokal di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Usaha yang mendorong pariwisata di Kecamatan Patuk adalah usaha mikro dan kecil, sektor makanan olahan dan jasa. Sedangkan untuk mendorong penyerapan tenaga kerja, sektor yang paling unggul adalah usaha mikro dan kecil di sektor makanan olahan, perdagangan dan jasa.

Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul misalnya kini memiliki rumah produksi pengolahan coklat. Budidaya kakao dan agribisnis wilayah itu.Apalagi Nglanggeran ini sudah berstatus Desa Wisata (Deswis) terbaik di dunia, sehingga potensi UMKM dapat kian dimaksimalkan.

Kalurahan Terbah di Kapanewon Patuk, Gunungkidul juga bersiap membangun sentra industri UMKM. Sentra ini nantinya menjadi wadah pemasaran produk buatan warga setempat.

Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY menyatakan
pengenalan SIBAKUL sebagai sistem pendampingan dan pembinaan bagi pelakuusaha mikro kecil penting. 

Untuk menggali spirit kreatifitas dan inovasi adalah upaya yang terus ditumbuhkan agar muncul pelaku-pelaku usaha baru yang sukses dan kreatif menyiasati keadaan, yang diharapkan muncul pada berbagai wilayah kelurahan atau kalurahan. 
 
"Sarasehan melalui konsep dialog yang dilaksanakan pada wilayah perdesaan dan wilayah strategis potensial lainnya dengan branding Sarasehan SIBAKUL Jogja ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat tentang kebijakan pembangunan daerah dengan menggali kearifanlocal yang memiliki nilai universal dalam membangkitkan perekonomian daerah," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment