News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Edukasi Peserta JKN, BPJS Kesehatan Yogyakarta Bekali Product Knowledge Kader JKN

Tingkatkan Edukasi Peserta JKN, BPJS Kesehatan Yogyakarta Bekali Product Knowledge Kader JKN

 

WARTAJOGJA.ID– Dalam rangka meningkatkan sosialisasi kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Yogyakarta memperkuat pemahaman terkait kanal layanan administrasi kepesertaan, informasi, dan pengaduan non tatap muka kepada Kader JKN, Rabu (21/02). Product knowledge penting dikuasai oleh Kader JKN dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai pemberi informasi, edukasi, dan koordinasi pelayanan keluhan.

Di tempat lain, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Muhammad Idar Aries Munandar menyatakan, pada tahun 2018, Kader JKN dapat langsung berkoordinasi dengan salah satu petugas BPJS Kesehatan untuk memfasilitasi para Peserta JKN di wilayah binaannya yang membutuhkan perubahan data. Saat ini, kami memiliki banyak kanal layanan yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun oleh Peserta JKN, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan data menjadi lebih cepat dan tentunya mudah.

“Kami memiliki kanal layanan Pandawa, kemudahan layanan administrasi hanya melalui Whatsapp. Peserta cukup chat ke nomor layanan Pandawa di nomor 08118165165 selama hari kerja, Senin s/d Jumat pukul 08.00 s/d 15.00 waktu setempat, kecuali hari libur nasional. Kader JKN dapat mengedukasi peserta JKN yang ingin melakukan pendaftaran baru maupun perubahan data bisa melalui Pandawa,” jelas Nandar

Nandar menambahkan, Peserta JKN yang membutuhkan perubahan data segera, juga bisa menghubungi Care Center 165. Kader JKN dapat menyampaikan ke Peserta JKN yang dikunjunginya, agar tidak mengeluarkan pulsa yang terlalu banyak, maka Peserta JKN dapat menekan nomor 0274 diikuti 165. Petugas Liaison Officer Care Center 165 akan membantu Peserta JKN dua puluh empat jam.

“Kami juga hadir di Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta di Komplek Balaikota, setiap hari Rabu, pukul 08.00 s/d 14.00, sedangkan bagi warga Bantul, bisa mendatangi Mall Pelayanan Publik di Komplek Kantor Pemda Bantul setiap hari Jumat pukul 08.30 s/d 11.00. Bagi Peserta JKN di wilayah Kabupaten Gunungkidul, dapat mengunjungi Mall Pelayanan Publik di Terminal Dhaksinarga Wonosari pukul 08.00 s/d 12.00. Antrean peserta di Mall Pelayanan Publik relatif lebih sedikit,” tuturnya.

Saat ini Peserta JKN cukup menunjukkan Nomor Induk Kepesertaan (NIK) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengakses fasilitas kesehatan. Nandar berharap Kader JKN dapat menginformasikan hal tersebut kepada Peserta JKN yang kartunya hilang atau rusak.

“Jika ada pengaduan di fasilitas kesehatan, kami ada Petugas BPJS Satu di setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Posternya terpampang di rumah sakit. Peserta dapat menghubungi BPJS Satu melalui nomor yang tercantum dalam poster tersebut. Salah satu alasan peserta tidak membayarkan iuran adalah karena merasa kecewa dengan pelayanan JKN di fasilitas kesehatan. Kader JKN bisa mengarahkan Peserta JKN untuk mengungkapkan pengaduannya melalui berbagai kanal. Kami sangat terbuka dengan keluhan peserta untuk kemudian kami tindaklanjuti. Hal ini juga sekaligus dapat menjadi evaluasi kerja sama dengan fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Salah satu Kader JKN, Sapta Suharya mengungkapkan pihaknya sangat membutuhkan product knowledge ini. Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kader JKN, dia seringkali menemui berbagai kendala dalam menghadapi keluhan peserta. 

“Selain mengingatkan pembayaran iuran peserta, kami juga melakukan edukasi. Sosialisasi ini sangat penting bagi kami, sehingga saat di lapangan, kami dapat menjelaskan pertanyaan Peserta JKN sesuai dengan ketentuan. Jika ada keluhan saat mengakses fasilitas kesehatan, kami akan edukasi ke Peserta JKN untuk berani mengkonfirmasi ke rumah sakit dan melaporkannya ke BPJS Kesehatan. Setiap saya kunjungan, saya selalu membantu peserta mengunduh Aplikasi Mobile JKN, tetapi memang belum semua peserta mau memanfaatkannya dengan berbagai alasan, kata Sapta. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment