News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ISI Yogyakarta Wisuda 344 Mahasiswa, Rektor Pesan Adaptasi Perkembangan Teknologi

ISI Yogyakarta Wisuda 344 Mahasiswa, Rektor Pesan Adaptasi Perkembangan Teknologi

WARTAJOGJA.ID: Sebanyak 344 mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogya menjalani prosesi wisuda, melalui Sidang Senat Terbuka, Sabtu (9/3/2024).

Wisuda program sarjana terapan, sarjana dan pascasarjana semester gasal tahun akademik 2023/2024 itu, diikuti oleh 305 wisudawan jenjang sarjana, 13 jenjang sarjana terapan, 23 jenjang magister, serta 3 lulusan doktor.

Rektor ISI Yogya, Dr. Irwandi, M.Sn., mengatakan, bahwa gelar akademik anyar ini bakal mengantarkan  wisudawan memasuki babak baru dalam mengarungi dunia nyata yang sarat tantangan.

Salah satu tantangan yang disorotinya adalah perkembangan teknologi, yang dinilai memberikan dampak signifikan bagi dunia seni.

"Berbagai produk kemajuan teknologi berdampak dalam proses kreatif dan penciptaan karya seni, serta distribusi dan interaksi antar seniman," katanya.

Karena itu, Irwandi berpesan, kehadiran kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) misalnya, harus mampu disikapi secara cermat oleh para alumni ISI.

Yakni, dengan meningkatkan kapasitas, sekaligus konsistensi dalam melahirkan karya-karya yang menjunjung tinggi orisinalitas.

"Kehadiran teknologi tersebut jadi distrubsi yang harus diwaspadai dan diantisipasi dengan meningkatkan kompetensi diri, serta menggali nilai-nilai orisinalitas dan ide-ide kemanusiaan," ucapnya.

Pada periode ini, wisudawan terbanyak berhasil dari Fakultas Seni Rupa dengan jumlah 146 wisudawan, selanjutnya dari Fakultas Seni Pertunjukan dengan jumlah 122 wisudawan, Fakultas Seni Media Rekam berjumlah 50 wisudawan dan Program Pascasarjana 26 wisudawan.

Dari total wisudawan yang diwisuda terdapat sebanyak 102 wisudawan memperoleh predikat cumlaude. Indeks prestasi komulatif (IPK) tertinggi pada wisuda periode ini peroleh wisudawan Antonia Tirta Perwitasari dari Program Studi S1 Kriya, Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dengan IPK: 3,94. 

"Saya ucapkan selamat para wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude dan mari kita berikan tepuk tangan atas prestasi yang diperoleh para wisudawan," tegas Rektor.

"Babak baru akan penuh tantangan. Masyarakat akan menanti kontribusi saudara sebagai alumni perguruan tinggi seni," kata Irwandi. 

"Masyarakat akan menanti kontribusi Saudara sebagai alumni dari perguruan tinggi seni. Kontribusi yang anda berikan kepada masyarakat dan prestasi yang 
Saudara peroleh, selain berdampak pada diri anda sendiri, juga akan berdampak terhadap citra ISI Yogyakarta,"

"Rekam jejak Saudara sebagai alumni dapat memberikan dampak positif bagi reputasi ISI Yogyakarta di level nasional dan internasional," 

"Saudara akan menjadi duta-duta kampus yang reputasinya akan berdampak terhadap keberlanjutan jalan generasi-generasi setelah Angkatan anda ke depan,"

Apabila Saudara memperoleh reputasi yang baik maka akan mempermudah alumni berikutnya atau adik-adik angkatan anda untuk diserap dunia kerja. Untuk itu Saya berpesan agar Saudara senantiasa menampilkan kinerja terbaik, mampu memberikan solusi terhadap berbagai problematika yang ada di tempat kerja menjadi pribadi yang ramah, positif, kompetitif dan mampu berinteraksi dengan semua pihak. 

"Peran Saudara sebagai alumni tidak hanya membangun citra positif  ISI Yogyakarta di mata publik. Alumni memiliki peran dan makna yang  bagi almamater anda,"

Misalnya besar untuk meningkatkan nilai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang saat ini digunakan sebagai parameter kinerja perguruan tinggi. IKU akan dinilai dari lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi pengajar di kampus, program studi bermitra dengan mitra berkelas dunia, kelas kolaboratif dan partisipatif serta program studi berstandar internasional. 

"Kami mengharapkan, Saudara berbagi informasi terbaru terkait berbagai peluang yang ada, berkolaborasi dengan Sivitas Akademika ISI Yogyakarta dalam berbagai kegiatan, membuka kerjasama lainnya dan kembali ke kampus untuk berbagai pengetahuan melalui berbagai program yang ada. Dan tidak kalah penting, kami berpesan, agar sebagai lulusan, bersemangat mengisi tracer study karena penting bagi ISI Yogyakarta untuk memperoleh gambaran serapan alumni di dunia kerja, serta sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan ISI Yogyakarta ke depan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment