News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ignasius Jonan Jadi Pembicara Kuliah Umum di UAJY

Ignasius Jonan Jadi Pembicara Kuliah Umum di UAJY


WARTAJOGJA.ID : Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan kuliah umum bagi dosen, mahasiswa tingkat akhir, dan seluruh Sivitas Akademika UAJY secara daring pada Jumat (8/3). Kuliah umum yang bertajuk Innovative and Ethical Leadership in Infrastructure Development mengundang mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) (Persero), Dr.(H.C.) Drs. Ignasius Jonan, Ak., M.A., C.P.A., C.A., Asean C.P.A sebagai narasumber.

Melalui materinya, Dr.(H.C.) Drs. Ignasius Jonan, Ak., M.A., C.P.A., C.A., Asean C.P.A menyampaikan mengenai prinsip-prinsip sebagai seorang pemimpin melalui pengalamannya menjadi Direktur Utama PT KAI serta dalam pelayanan publik.

“Kita sendiri harus meniru seperti Napoleon Bonaparte, pesannya anak buah yang dikasih ke kita itu yang harus kita bina, pasti bisa,” jelas Jonan.

Jonan juga menyampaikan dalam pelayanan publik harus efisien dan jujur. Terkait dengan efisien dan jujur, banyak sekali orang yang dapat melakukannya tetapi tidak banyak orang yang berani melakukannya. 

“Kalau anda jadi pemimpin publik suatu hari, untuk membangun nilai tambah, tidak hanya infrastruktur, sebagai pemimpin tidak boleh memiliki cita-cita atau mimpi sendiri, yang dimimpikan dan dicita-citakan itu yang dilayani,” ujarnya.

Rektor UAJY, Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M, dalam sambutannya berharap supaya materi yang disampaikan dapat membuka cakrawala seluruh peserta kuliah umum.

“Seperti yang kita ketahui, rekam jejak beliau sebagai orang yang melakukan dengan cepat dan luar biasa terutama ketika mengawali posisi beliau sebagai Direktur Utama PT KAI dan kita merasakan sampai hari ini dampaknya membuat kita semua nyaman dalam bepergian antar kota juga telah menjadi menteri yang telah melakukan terobosan-terobosan baru,” ungkap Nurhartanto.

Prof. Dr -Ing. Ir. Andreas Triwiyono, IPU selaku Ketua Umum Yayasan Slamet Riyadi mengucapkan terima kasih atas kesediaan Dr.(H.C.) Drs. Ignasius Jonan, Ak., M.A., C.P.A., C.A., Asean C.P.A yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pengalaman dan memberikan materi kepada Sivitas Akademika UAJY.

“Kami mengucapkan terima kasih dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Saya harap dengan kegiatan ini akan memberikan pengetahuan mengenai masalah-masalah yang ada di Indonesia dan bagaimana penyelesaiannya secara inovatif dan kreatif sehingga dapat ikut serta memajukan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. 

Mengutip dari Thomas Alva Edison, Jonan menerapkan bahwa untuk menjadi pemimpin publik harus kerja keras serta harus bisa eksekusi secara efektif dan efisien, tidak hanya membuat strategi. 

Jonan juga menanamkan di dalam dirinya untuk menerapkan bahwa sebagai pemimpin publik tidak boleh memberikan harapan dan janji palsu kepada masyarakat. 

“Kalau bisa ya bisa, kalau tidak ya bilang tidak bisa, jadi tidak membuat janji palsu kepada masyarakat,” tegasnya.

Jonan menutup kuliah umum dengan menyampaikan saran untuk seluruh Sivitas Akademika UAJY.

Be yourself, itu yang paling penting. Setiap manusia memiliki keunikan yang diberikan oleh Tuhan dan jadilah tetap bermanfaat bagi orang lain selama tidak melanggar peraturan dan melanggar etika,” pesannya

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment