News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinas Koperasi UKM DIY Tumbuhkan Semangat UMKM Lewat Sarasehan SiBakul di Tegalrejo Kota Yogyakarta

Dinas Koperasi UKM DIY Tumbuhkan Semangat UMKM Lewat Sarasehan SiBakul di Tegalrejo Kota Yogyakarta

WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Senin tanggal 18 Maret 2024 di Balai RW 04, Blunyahrejo, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta 

Hadir dalam acara itu narasumber antara lain R.B. Dwi Wahyu B., S.Pd.  (Anggota DPRD DIY), Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA (Kadiskop UKM DIY), Anggit Safruddin, AMd (Lurah Karangwaru) dan Coach/Pendamping UMKM Inspiratif.

Yogyakarta sebagai salah satu kota tujuan wisata dan kota besar di Indonesia memiliki banyak industri UMKM. Salah satu kecamatan di Kota Yogyakarta yang memiliki potensi perkembangan UMKM dengan didukung oleh kondisi wilayah yang strategis berada di jalur lalu lintas padat Provinsi DI. Yogyakarta dan wilayah wisata Yogyakarta adalah Kecamatan Tegalrejo. 

Kegiatan UMKM menjadi roda perekonomian yang cukup menjanjikan bagi  masyarakat Kecamatan Tegalrejo. Melalui kegiatan UMKM  yang dikelola oleh kelompok usaha masyarakat dapat menjadi solusi dalam mengurangi angka pengangguran.

Kelurahan Tegalrejo merupakan salah satu wilayah yang berada di pusat kota Yogyakarta merupakan tempat dengan posisi strategis bagi masyarakat yang ingin menjalankan bisnis atau usaha berniaga.  

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY mengatakan UMKM di DIY terus bertumbuh. Hingga saat ini sudah lebih dari 348 ribu pelaku UMKM yang bergabung di SiBakul Jogja. Dari jumlah itu, 53 persen diantaranya adalah UMKM perempuan.

"Keterlibatan masyarakat setempat sebagai peserta sarasehan Sibakul juga diharapkan akan menjadi pintu pembuka tentang harapan, himbauan, hingga sosialisasi tentang kebijakan pembangunan daerah," katanya.

Kebijakan pembangunan daerah yang diinisiasi melalui dana keistimewaan tahun 2024 ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dipahami oleh masyarakat, khususnya pelaku usaha dalam menjalankan usahanya di tengah situasi yang mulai pulih. 

Termasuk didalamnya bagaimana menginisiasi tatakelola UMKM melalui pengenalan SIBAKUL sebagai sistem pendampingan dan pembinaan bagi pelaku usaha mikro kecil. 

"Menggali spirit kreatifitas dan inovasi adalah upaya yang terus ditumbuhkan agar muncul pelaku-pelaku usaha baru yang sukses dan kreatif menyiasati keadaan, yang diharapkan muncul pada berbagai wilayah kelurahan atau kalurahan," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment