News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Banjir Semarang Surut, Perjalanan Kereta Area Daop 6 Yogyakarta Kembali Normal

Banjir Semarang Surut, Perjalanan Kereta Area Daop 6 Yogyakarta Kembali Normal

WARTAJOGJA.ID : PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menyatakan banjir yang sempat menggenangi jalur kereta api atau KA antara Semarang Tawang-Alastua akibat hujan deras mulai surut Jumat 15 Maret 2024.

"Surutnya air itu membuat perjalanan KA di area Daop 6 Yogyakarta mulai malam ini sudah berangsur pulih, namun dengan kecepatan kereta terbatas," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro Jumat petang.

Akibat banjir, sejak Kamis dini hari 14 Maret jalur KA pada 3 titik tersebut tergenang air cukup parah dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel. 

Sehingga jelas tidak memungkinkan untuk dilewati kereta api dan membuat sejumlah jadwal perjalanan dibatalkan demi keselamatan.

Krisbiyantoro menambahkan, dengan bisa dilewatinya jalur antara Semarang Tawang-Alastua perjalanan KA juga sudah tidak dilakukan dengan pola operasi memutar lagi.

PT. KAI sempat melakukan perubahan pola operasi memutar dan pembatalan perjalanan beberapa KA lintas utara Yogyakarta itu. Namun hal tersebut juga berimbas pada traffic perjalanan KA di Daop 6 yang menjadi lebih padat meski tetap lancar terkendali.

Mulai Jumat ini, bersamaan dengan surutnya genangan air di jalur Semarang Tawang-Alastua itu, Daop 6 juga kembali menjalankan sejumlah kereta yang sempat dihentikan operasinya.

Antara lain KA 163 Joglosemarkerto (rute Solo Balapan-Semarang Tawang) dan KA 166 Joglosemarkerto (Tegal-Solo Balapan), KA 209 Banyubiru (Solo Balapan-Semarang Tawang).

Sebelumnya, perjalanan sejumlah KA di area Daop 6 Yogyakarta terdampak banjir Semarang dan membuat jadwal rute yang melalui jalur utara dialihkan ke rute yang melalui lintas selatan Solo - Yogyakarta - Kroya - Purwokerto - Cirebon.

Perjalanan kereta lintas utara yang dialihkan melalui jalur selatan saat banjir cukup banyak. Antar lain 10 KA ke arah Jakarta seperti Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit, dan Blambangan.

Lalu sebanyak 8 KA dialihlan perjalananya ke arah Surabaya seperti Jayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara, dan Gumarang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment