News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FTI UII Yogyakarta Umumkan Pemenang Lomba Esai Membangun Kepekaan Gen Z dalam Bidang Teknologi Tekstil 2023

FTI UII Yogyakarta Umumkan Pemenang Lomba Esai Membangun Kepekaan Gen Z dalam Bidang Teknologi Tekstil 2023

WARTAJOGJA.ID : Program Studi Rekayasa Tekstil, Program Sarjana Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengumumkan para pemenang Lomba Esai: Membangun Kepekaan Gen Z dalam Bidang Teknologi Tekstil pada Kamis, 11 Januari 2024.

Lomba itu telah digelar mulai 20 November hingga 20 Desember 2023 lalu.

Dalam pengumuman pemenang itu hadir sebagai narasumber
Ir. Agus Taufiq., M.Sc selaku Ketua Program Studi Rekayasa Tekstil, Program Sarjana FTI UII, Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc selaku Ketua Pelaksana dan Dosen Jurusan Program Studi Rekayasa Tekstil, Program Sarjana FTI UII.

Agus Taufiq dalam paparannya mengatakan Gen Z adalah generasi yang tumbuh di dunia yang serba digital dan canggih, sebagian besar dari mereka juga telah bermain dengan gadget milik orang tua sejak kecil. 

Rata-rata Gen Z sudah memiliki ponsel pertama mereka pada usia 10 tahun. Jadi, tidak aneh jika mereka tech-savvy dan begitu lengket dengan gadget, bahkan dapat menghabiskan waktu setidaknya 3 jam sehari di depan layar.

Generasi Z adalah generasi setelah Generasi Milenial, generasi ini merupakan generasi peralihan Generasi Milenial dengan teknologi yang semakin berkembang. Beberapa diantaranya merupakan keturunan dari Generasi X dan Milenial. Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet.

Kali ini Program Studi Rekayasa Tekstil Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia mengadakan lomba esai nasional 

Program Studi (Prodi) Rekayasa Tekstil FTI UII merupakan prodi pionir satu-satunya yang menyelenggarakan pendidikan tekstil untuk Program Sarjana Strata Satu (S1) di Indonesia. 

"Kami berkomitmen menjadi penyelenggara aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, dalam rangka pengembangan ilmu dan pemanfaatan teknologi di bidang manufaktur tekstil dan produk tekstil, serta pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia unggul yang senantiasa berilmu amaliah dan beramal ilmiah," kata Agus.

Lomba esai ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa serta mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, menghasilkan ide-ide inovatif dan kreativitas di bidang pendidikan.

Adapun Febrianti Nurul Hidayah selaku Ketua Pelaksana Lomba mengatakan selain lomba esai, Prodi Rekayasa Tekstil FTI UII juga melakukan kunjungan kampus atau Campus Tour merupakan salah satu langkah penting dalam proses seleksi perguruan tinggi bagi siswa SMA/SMK/Ma sederajat. 

"Melalui tur kampus ini, memungkinkan siswa untuk dapat melihat secara langsung lingkungan kampus dan memutuskan apakah itu cocok untuk mereka," kata dia.

"Alhamdulillah, yang mengumpulkan ada sekitar 190-200, lalu diambil 10 besar dan terakhir dipilih 4 juara," imbuhnya.

Mereka yang menjadi pemenang adalah :
 
Juara I - I Gusti Agung Gede Tritisan Niyasa (SMAN 3 Denpasar)
Juara II - Dian Nur Wahid (SMKN 2 Karanganyar)
Juara III - Abdullah Fathurrahman (SMA Islam Terpadu Mentari Ilmu, Karawan
Juara Favorit - Khaerul Anwar (SMAN 1 Cariu, Bogor)

Harapan ke depan dengan lomba esai ini, teknologi dalam bidang tekstil mendapat perhatian yang lebih besar dari gen Z seperti halnya tema esai kali ini : membangun kepekaan gen Z dalam bidang teknologi tekstil selain itu agar  Prodi Rekayasa Tekstil semakin dikenal masyarakat

Lomba esai ini harapannya dapat diselenggarakan secara periodik yang bukan hanya mengasah kemampuan siswa, namun juga meningkatkan sinergi dari pendidikan menengah ke atas dengan perguruan tinggi

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment