News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

LKP Duta Persada Yogyakarta Jalankan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Platinum dari Pemerintah Pusat

LKP Duta Persada Yogyakarta Jalankan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Platinum dari Pemerintah Pusat


WARTAJOGJA.ID : LKP Duta Persada Yogyakarta menjadi satu-satunya lembaga pendidikan di DIY yang berhasil mendapatkan amanah menjalankan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Platinum dari pemerintah pusat.

Manajer Pengembangan LKP Duta Persada Yogyakarta Gebian Sadewa, menandaskan, secara keseluruhan terdapat 20 peserta Program PKK Platinum yang difasilitasinya sejak September lalu. 

Menurutnya, seluruh peserta sejauh ini telah terserap dunia kerja, di mana beberapa di antaranya bakal menjalani proses pemagangan di luar negeri, mulai dari Malaysia, hingga Thailand.

"Setelah tiga bulan menjalani pelatihan. Peserta Program PKK Platinum hari ini menjalani uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi profesi," ujarnya.

Sebagai informasi, PKK Platinum merupakan kelas tertinggi dari program yang digulirkan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Dijelaskannya, 8 peserta yang telah diterima magang di hotel internasional di Malaysia dan Thailand, bakal diberangkatkan tahun depan.

"Mereka akan berangkat bulan Januari. Kemudian, peserta yang lainnya juga sudah terserap di hotel bintang lima di Yogyakarta ," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sadewa memaparkan, Program PKK Platinum dikhususkan bagi peserta usia 17-25 tahun yang tidak sedang sekolah, kuliah, atau bekerja

Sehingga, ia memastikan, seluruh peserta yang difasilitasinya merupakan usia produktif yang lantas dibekali dengan kecakapan kerja, supaya terbebas dari jerat pengangguran.

"Fokus kami memang di dunia perhotelan dan kapal pesiar kelas internasional, karena di sana kebutuhan SDM-nya cukup tinggi," tandasnya

Pemkot Yogyakarta sendiri terus mendorong peningkatan kompetensi setiap Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), untuk menekan angka pengangguran . 

Pasalnya, dengan kompetensi yang terus digenjot, program-program yang digulirkan pemerintah pusat pun bisa diboyong oleh LKP ke Kota Yogyakarta .

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Masyarakat dan PAUD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogya , Anita Srimadumurti, mengatakan, upaya tersebut sangat penting untuk membuka akses lapangan pekerjaan.

"Saat ini, LKP Duta Persada jadi satu-satunya lembaga pendidikan di DIY yang berhasil mendapatkan amanah menjalankan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Platinum dari pemerintah pusat," katanya. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment