News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Libur Nataru, DPRD DIY Gandeng Polda dan Pemda Untuk Jaga Kondusifitas Keamanan

Libur Nataru, DPRD DIY Gandeng Polda dan Pemda Untuk Jaga Kondusifitas Keamanan

WARTAJOGJA.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto minta pelaku wisata maupun petugas parkir, pedagang kuliner dan souvernir bisa menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta.

Sebaliknya selama berkunjung ke Yogyakarta, berilah mereka (wisatawan) keamanan dan kenyamanan, agar mereka bisa tersenyum lega dan terkesan setelah berkunjung ke Yogyakarta.

''Mari kita jaga keamanan dan kenyamanan Yogyakarta, agar wisatawan bisa pulang membawa kenangan indah,'' ujar Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dalam rapat menghadapi libur Nataru di ruang komisi A DPRD DIY, Yogyakarta, kemarin (19/12).

Hadir dalam rapat tersebut, Dirlantas Polda DIY, Kombes Alfian Nurizal, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY, Anita Verawati dan Kepala Satpol PP Pemda DIY, Noviar.

Berkaitan dengan itu, maka Eko Suwanto minta kepada petugas parkir, pedagang kuliner maupun pelaku wisata bisa menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan selama berkunjung ke Yogyakarta

''Jangan menaikkan harga, agar wisatawan terkesan selama berada di Yogyakarta,'' ujar Eko Suwanto yang juga Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta. ''Supaya mereka tidak lupa dengan keramahan Yogyakarta,'' tambah dia.

Sementara Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurizal, mengatakan, menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 jalur menuju obyek wisata khususnya ke arah Gunungkidul, dihimbau masyarakat melewati jalan utama.

Dengan harapan, agar semua kendaraan mudah terpantau sekaligus untuk menghindari kemacetan dan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Sebab, menurut dia, diprediksi 4,45 juta wisatawan bakal masuk ke Yogyakarta pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 nanti. Mereka akan bergerak di 23 destinasi wisata yang ada dilima kabupaten/kota DIY dan akan berakhir di pusat kota Yogyakarta.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya bakal menggunakan Smart CCTV untuk memantau pergerakan masyarakat pada momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti.

Menurut Alfian, CCTV ditempatkan di pintu masuk DIY dan area-area ramai seperti Tugu Yogyakarta dan nol kilometer. Dengan demikian, petugas bisa memantau kendaraan yang masuk Yogyakarta dan bisa membantu semua kejadian.

"Smart CCTV ini bisa melihat jumlah kendaraan yang masuk dari pintu masuk, juga masyarakat yang ada di kawasan Pusat Kota Yogya. Kami akan bagi 18 pospam, 1 pos terpadu dan 1 pos pelayanan di YIA," ungkapnya usai rapat di Komisi A DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Terkait pengamanan di Tugu, Alfian mengatakan, pihaknya akan membuat suasana pergantian tahun menjadi aman, tertib dan nyaman dengan agenda car free night. Artinya, kendaraan akan mulai dialihkan sejak pukul 18.00 pada 31 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 pukul 01.00.

Sementara Anitaverawati mengatakan, pihaknya sudah minta kepada seluruh pengelola obyek wisata di Yogyakarta bisa bertindak bijaksana dengan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan wisatawan.

''Kami tidak menyelenggarakan acara khusus, karena masing-masing kabupaten dan kota dalam.menyambut Nataru sudah mempunyai acara atau agenda sendiri,'' jelas Vera. ''Semua itu dilakukan agar jumlah wisatawan tidak menumpuk disatu tempat,'' tambah dia

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment