News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPRD DIY Sambut Baik Rencana Pemda DIY Launching Becak Listrik untuk Konvers Becak Motor di Malioboro

DPRD DIY Sambut Baik Rencana Pemda DIY Launching Becak Listrik untuk Konvers Becak Motor di Malioboro

Yogyakarta,- Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyambut baik rencana launching becak listrik atau becak Kayuh bertenaga Alternatif ( berkreatif ). Launching ini merupakan awal konversi becak motor dan kayuh menjadi becak listrik. 

" Setelah berjuang selama 4 tahun, alhamdulillah  konversi becak motor menjadi becak listrik terwujud di Yogyakarta, " ungkap Huda Tri Yudiana dalam keterangan pers, Rabu ( 20/12/2023).
Sebenarnya becak ini masih perlu dikayuh, tapi sangat ringan karena bertenaga listrik. Jika membuat listrik murni tanpa dikayuh akan berbeda dengan ketentuan perda, sebagai ciri tradisional.

Menurut rencana Pemda DIY akan menggelar launching Becak Kayuh Bertenaga Alternatif ( Berkreatif ) atau becak listrik besok hari Sabtu 23 Desember 2023, pukul 09.00, di parkir Ketandan Gondomanan Yogyakarta.

" Ini awal konversi becak motor menjadi becak listrik," ujarnya.

Huda Tri Yudiana menambahkan pada bulan Februari 2024 akan disiapkan 50 unit untuk ujicoba. Jika ini sukses mudah mudahan pada tahap 2 dan tahap 3 semua becak motor maupun kayuh bisa dikonversi menjadi becak listrik.

" Pengemudi becaknya sama tetapi becaknya yang kita ubah, dari becak motor menjadi becak listrik atau Becak kayuh bertenaga listrik," tandas Huda Tri Yudiana.

Selain launching Becak kayuh Bertenaga Akternatif atau becak listrik akan dilakukan pula pembagian akta pendirian koperasi becak berkreatif berupa becak bertenaga listrik.

" Guna mendukung dan mensukseskan keberlangsungan konversi becak motor menjadi becak listrik didirikan koperasi becak. Ini bagus menurut saya," papar Huda Tri Yudiana.

Selain itu, imbuh Huda Tri Yudiana kedepan akan diupayakan kerjasama dengan hotel - hotel untuk upgrade pengemudi becak dengan pembinaan bahasa dan sikap.

" Upaya ini dilakukan agar pengemudi becak naik kelas," pungkas Huda Tri Yudiana. Semoga kedepan bisa sukses dan becak menjadi icon baru wisata di Jogja ( * )

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment