News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelar Rapat Konsolidasi, Bawaslu Sleman Ungkap Ribuan Alat Peraga Kampanye Yang Langgar Aturan

Gelar Rapat Konsolidasi, Bawaslu Sleman Ungkap Ribuan Alat Peraga Kampanye Yang Langgar Aturan

WARTAJOGJA.ID : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman menggelar 
Rapat Konsolidasi Penanganan Pelanggaran, Publikasi dan Dokumentasi Pemilu 2024, di Hotel Alana, Selasa (19/12/2023)

Dalam kesempatan itu Bawaslu Sleman mencatat ada ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2024 di Sleman melanggar aturan. 

Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengungkapkan selama proses pengawasan Pemilu 2024 hingga memasuki hari ke 22 kampanye, semakin marak pemasangan APK. 

Sayangnya pemasangan yang dilakukan banyak melanggar aturan.

Arjuna merinci berdasarkan pantauan hingga hari ini, Selasa (19/12/2023), APK yang terpasang sebanyak 3.075 buah. Sementara itu yang melanggar tercatat 2.261 APK.

"Memang sudah diproses. Kami ada prosedurnya penanganan pelanggaran. Hari ini sudah mau rekomendasi ke KPU," ungkap Arjuna di sela Rapat Konsolidasi Penanganan Pelanggaran, Publikasi dan Dokumentasi Pemilu 2024, di Hotel Alana, Selasa (19/12/2023)

Saat disinggung mengenai wilayah mana yang paling banyak terjadi pelanggaran, Arjuna menyebut cukup merata. 

Jumlah pelanggaran pemasangan APK adalah di traffic light, pohon, dan tiang listrik.

"Sementara fokus di situ (traffic light, pohon, dan tiang listrik), karena paling banyak. Merata di jalan protokol, jalan umum , banyak ditemukan di sana," jelas Arjuna.

Arjuna mengungkapkan sekitar 400an APK yang melanggar diremomendasikan ke KPU agar mengimbau kepada peserta Pemilu, untuk bisa menertibkan secara mandiri.

"Kalau tidak ditertibkan, tiga hari ke depan kami, Satpol PP, dan KPU akan menjadwalkan penertiban. Sisanya kami minta rekan kecamatan memproses, sehingga bisa dilakukan secara simultan proses penertibannya," ujar Arjuna. (Rls)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment