News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berhadiah Jutaan, FTI UII Gelar Lomba Esai Andai Aku Jadi Presiden di Tahun 2024

Berhadiah Jutaan, FTI UII Gelar Lomba Esai Andai Aku Jadi Presiden di Tahun 2024

WARTAJOGJA.ID : Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Lomba Esai FTI UII, 'Andai Aku Jadi Presiden di Tahun 2024'.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTI UII, Dr. Agus Mansur, S.T., M.Eng.Sc mengatakan lomba esai FTI UII dapat diikuti seluruh pelajar di Indonesia jenjang SMA/SMK sederajat.

Menurut Dr. Agus Mansur, generasi muda saat ini selain melek teknologi, juga diyakini bukan orang apatis terhadap pembangunan bangsa Indonesia, seperti rumor yang beredar. Bahkan dinilai lebih kritis, untuk itu lomba ini diharapkan menjadi wadah bagi generasi muda untuk memberikan gagasan-gagasannya.

"Soal itu gagasan bisa dieksekusi saat ini atau kapan?, tapi yang penting mereka punya mimpi tentang gagasannya. Itu juga bisa menjadi penyemangat dalam membangun alam bawah sadar mereka terkait gagasan-gagasan yang mereka tuliskan untuk masa depannya," kata Agus Mansur, Rabu (13/12/2023).

Agus juga menegaskan, dalam penilaian ditegaskan suatu gagasan tidak ada yang salah ataupun benar. Akan tetapi, lebih pada sisi mengapa gagasan tersebut yang diusulkan, dan melihat nalar kritis dari anak-anak muda yang potensial, sekaligus melihat kecerdasan yang diungkapkan dalam sebuah Lomba Esai.

"Yang ditulis gagasan-gagasan pengembangan teknologi yang mereka inginkan, jadi seandainya mereka jadi presiden, nantinya pada bidang teknologi informasi dan teknologi industri di Indonesia akan dibuat seperti apa?. Jadi topik adalah kebijakan mereka yang akan mereka sampaikan terkait pengembangan teknologi industri dan teknologi informasi," ucap Agus Mansur.

Melalui lomba ini, lanjut Agus Mansur, pembelajaran yang selama ini dinilai sebatas pengetahuan, dapat diimplementasikan dalam sebuah tulisan. Sekaligus menjadi cara baru dalam mengajarkan, meningkatkan nasionalisme dan kebangsaan untuk anak-anak generasi penerus bangsa.
"ini juga akan menjadi spirit yang kuat, yang akan membangun mereka, motivasi belajarnya, motivasi membangunnya, cinta terhadap tanah air akan meningkat. Kita tidak ingin menjadi bangsa yang terlalu konsumtif, bahkan kalau bisa justru menciptakan teknologi," ujar Agus Mansur.

Rencananya karya yang dihasilkan akan dibukukan, menjadi sumbangan gagasan dari anak-anak muda terkait apa yang diinginkan di dalam membangun negaranya.

"Esai tidak harus panjang, akan tetapi lebih menitikberatkan originalitas gagasan, gagasannya yang ingin disampaikan dan, kenapa gagasan itu disampaikan," kata Agus Mansur, menambahkan.

Naskah Esai dibuat dalam minimal 1 halaman dengan 500 kata atau dapat sampai dengan 2 halaman dengan tidak lebih 1.000 kata
Sebagai apresiasi, FTI UII telah menyiapkan total Rp 15.750.000,-
Dengan rincian kategori Utama
• Juara 1: Rp 5.000.000
• Juara 2: Rp 4.000.000
• Juara 3: Rp 3.000.000
Catatan: Juara 1,2,3 selain uang tunai juga trips ke Kampus FTI UII dan Wisata di Kota Yogyakarta
Kategori Harapan
• Harapan 1: Rp 1.500.000,-
• Harapan 2: Rp 1.250.000,-
• Harapan 3: Rp 1.000.000,-
Adapun batas pengumpulan naskah sampai dengan 19 Januari 2024 
Untuk Pendaftaran: bit.ly/DaftarEsaiFTIUII dan  panduan lomba: bit.ly/PanduanEsaiFTIUII.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment