News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HUT Kota Yogya 2023, Wayang Jogja Night Carnival Angkat Kisah Pandawa Mahabisekha

HUT Kota Yogya 2023, Wayang Jogja Night Carnival Angkat Kisah Pandawa Mahabisekha


Wayang Jogja Night Carnival tahun 2022. dok.istimewa
WARTAJOGJA.ID : Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Kota Yogyakarta pada 7 Oktober 2023 mendatang akan diramaikan dengan gelaran karnaval
Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang berpusat di kawasan Tugu Yogyakarta mulai pukul 18.00 WIB.

Event karnaval kali ini mengambil tema Pandawa Mahabisekha yang mengambil filosofi dari cerita carangan Mahabarata yang diciptakan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, WJNC  tahun ini memiliki dua titik start, yaitu mulai dari Jalan Pangeran Diponegoro dan Jalan Jenderal Sudirman. 

Selain itu, Titik display karnaval juga akan dibagi menjadi dua yaitu di area Tugu Jogja dan Jalan Margo Utomo. 

“Event ini diharapkan mampu menambah lama tinggal wisatawan di Kota Yogyakarta," kata Singgih Rabu 27 September 2023.

Singgih menuturkan, event ini juga menjadi momentum menggaungkan kembali kawasab Sumbu Filosofi Yogyakarta. Yang telah ditetapkan sebagai world heritage atau warisan dunia oleh UNESCO pada Sidang Luar Biasa ke-45 Komite Warisan Dunia di Riyadh, Arab Saudi, pada 10- 25 September 2023 lalu.

Kawasan Tugu Yogyakarta merupakan bagian garis imajiner Sumbu Filosofi, yang satu garis lurus dengan Malioboro, Keraton Yogyakarta juga Panggung Krapyak di sisi selatannya.

Agak berbeda dari tahun sebelumnya, masyarakat maupun wisatawan yang hadir kali ini akan disediakan tempat duduk khusus. Agar lebih dekat titik utama event karnaval itu. Ada sebanyak lebih dari 200 kursi disediakan melalui tiket khusus yang dijual melaluu Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY).

Rangkaian HUT Ke-267 Kota Yogyakarta sendiri akan dilaksanakan 1 hingga 7 Oktober 2023. Diantaranya Yogowes dan Wiwitan yang berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2023.

Adapula Festival Batik yang berlangsung pada tanggal 2 Oktober 2023, Karnaval Budaya Pelajar yang diikuti oleh seluruh pelajar di Kota Yogyakarta pada tanggal 2-5 Oktober 2023.

Selain itu, pertunjukan Sekar Rinonce rangkaian pentas seni budaya yang akan berlangsung pada 3 Oktober 2023 di Teras Malioboro dan Kolaborasi Wayang ‘Sawega’ tanggal 4 Oktober 2023.

Berikutnya di tanggal 5 Oktober 2023 diselenggarakan Sekati Ing Mall. Pada tanggal 6 Oktober 2023 diselenggarakan acara Festival Angkringan di Pasar Ngasem dan Malioboro Coffee Night  yang bertempat di Kotabaru dan Loco Cafe, disini juga disediakan kopi gratis bagi masyarakat yang datang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment