News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Universitas Janabadra Mewisuda 382 Sarjana dan Magister Agustus 2023, 158 Lulus Cumlaude

Universitas Janabadra Mewisuda 382 Sarjana dan Magister Agustus 2023, 158 Lulus Cumlaude


Wisuda Universitas Janabadra Yogyakarta Sabtu (26/8/2023). dok.istimewa
WARTAJOGJA.ID : Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta mewisuda 382 orang sarjana dan Pasca Sarjana periode 26 Agustus 2023 bertempat di kampus pusat Jl. Tentara Rakyat Mataram, Kota Yogyakarta, Sabtu 26 Agustus 2023.

Para wisudawan itu terdiri dari S-1 345 orang dan S-2 37 orang. Adapun Indeks prestasi tertinggi diraih oleh sdr/i Navira Inayati Hisyam, S.H., M.H. dari Fakultas Hukum, Program Studi Magister Hukum, angkatan tahun 2021 dan Ita Dwi Rahmawati, S.P. dari Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis, angkatan tahun 2019. 

Pada wisuda periode Agustus 2023 ini, terdapat 158 orang lulus dengan predikat cumlaude (dengan pujian), 

Rektor UJB Yogyakarta Dr. Risdiyanto, S.T., M.T. dalam sambutannya mengatakan atas nama keluarga besar Universitas Janabadra mengucapkan selamat atas berhasilnya para mahasiswa dalam menyelesaikan studi dan mencapai derajat sarjana dan magister. 

"Ketekunan selama ini telah membuahkan hasil yang merupakan salah satu langkah maju dalam kehidupan," kata Rektor. 


Wisuda Universitas Janabadra Yogyakarta Sabtu (26/8/2023). dok.istimewa

Rektor mengingatkan, beberapa hal penting untuk kesuksesan para lulusan itu berikutnya dalam mendapatkan pekerjaan maupun dalam mengembangkan karir di antaranya meliputi:
 
Pertama, restu dari keluarga khususnya dari orang tua yang selama ini telah membesarkan dan mendidik mahasiswa. 

"Ridho Tuhan YME dimulai dari ridho orang tua, sehingga kepatuhan kepada orang tua adalah syarat mutlak bagi keberhasilan hidup Saudara," kata Rektor.

Kedua, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai kalangan dan mengembangkan pergaulan positif yang lebih luas. 

"Pergaulan yang luas akan membuka pintu-pintu peluang pekerjaan. Komunikasi juga sangat penting ketika Saudara telah bekerja karena Saudara akan bersama atau berdampingan dengan orang lain dalam berbagai latar belakang dan budaya yang berbeda. Saudara harus percaya diri dan mampu bekerja sama dengan rekan kerja Saudara. Utamakan keberhasilan kelompok dibandingkan keberhasilan diri sendiri semata," ujarnya.
 
Hal penting ketiga adalah kesediaan untuk terus mengupdate ilmu pengetahuan dan ketrampilan khususnya yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang saudara inginkan atau yang Saudara geluti selama ini. 

"Senantiasa mengikuti perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi seperti penggunaan dan pemanfaatan internet, pemakaian komputer dalam bidang keahlian, presentasi dengan menggunakan teknologi audio visual, pemakaian berbagai aplikasi dalam dunia bisnis dan perbankkan sudah merupakan kebutuhan pokok di era saat ini," kata Rektor.
 
Keempat, ketangguhan dan kegigihan dalam mencapai target yang Saudara canangkan. Tidak menyalahkan keadaan/lingkungan sekitar, bangkit jika mengalami kegagalan, serta terus bergerak ke depan adalah sebagian dari ciri-ciri ketangguhan dan kegigihan. 
 
"Dan terakhir adalah kedekatan Saudara dengan Sang Pencipta melalui ibadah-ibadah dan amalan terbaik secara konsisten," kata Rektor.

"Sebagai seorang hamba yang lemah, tiada daya dan kekuatan selain atas ijin dan kehendak dari Tuhan Ilahi Rabbi. Oleh karena itu, niatkan semua aktifitas Saudara untuk mendapatkan ridho dari Tuhan agar Saudara tidak mudah terombang-ambing dengan situasi kondisi yang Saudara temui," tukas Rektor.
 
Tak lupa, Rektor mengingatkan alumni Universitas Janabadra yang terikat dalam IKABADRA 

"Saudara merupakan Anggota dari Keluarga Besar Universitas Janabadra yang ke luar tetap membawa nama Universitas Janabadra dan ke dalam tetap dituntut untuk peduli pada keadaan perkembangan Universitas Janabadra," kata dia.

"Oleh karena itu saya berpesan, agar Saudara dapat membawa citra yang baik Universitas Janabadra ke masyarakat luas. Cara yang paling mudah adalah menjaga perilaku pribadi sebaik-baiknya," pungkasnya.


Wisuda Universitas Janabadra Yogyakarta Sabtu (26/8/2023). dok.istimewa

Adapun Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra Drs. Surjadiman, M.M dalam sambutannya mengatakan wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar.

"Namun sebaliknya,ilmu yang sudah anda dapatkan di kampus ini akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan," kata Drs. Surjadiman, M.M.

Hal ini, kata Drs. Surjadiman, M.M, merupakan tantangan yang berat bagi kita semua, tetapi ditengah kondisi tantangan yang luar biasa selalu ada peluang dan kesempatan yang tercipta bagi kita untuk menjadi alternatif sebagai solusi atas keterbatasan kita.

"Wisuda merupakan kesuksesan bagi keluarga yang telah memberikan dukungan moral dan material sehingga wisudawan/wisudawati dapat menyelesaikan pendidikan formalnya," ujarnya.

"Bagi Universitas wisuda merupakan bukti keseriusan Universitas Janabadra dalam memberikan pelayanan yang terbaik terhadap kepercayaan keluarga yang telah menyerahkan pendidikan putra/putri-nya kepada Universitas Janabadra," pungkas Drs. Surjadiman, M.M. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment