News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Kedungsari Kulon Progo, Dana Keistimewaan Turut Berdayakan UMKM

Sarasehan Sibakul di Kedungsari Kulon Progo, Dana Keistimewaan Turut Berdayakan UMKM

 


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada 24 Agustus 2023 yang dipusatkan di Kedungsari Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Paniradya Pati Paniradya Kaistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho mengatakan UMKM sangat memungkinkan mengakses dana kesitimewaan demi kemajuan dan pengembangan usahanya.

Aris mengungkap Kementerian keuangan, Kementerian Dalam Negeri,  ATR BPN juga Kemendikbud belum lama ini terjun ke lapangan termasuk di Kulon Progo untuk melihat penggunaan dana keistimewaan di DIY.


"Dana keistimewaan bukan hanya untuk jejogetan saja, namun juga bisa untuk seperti membentuk lumbung Mataraman di berbagai wilayah DIY," kata Aris.


Aris mengatakan yang menjadi bagian dalam kaitan dengan penggunaan dana keistimewaan ada tiga tahap. Ada yang melalui provinsi, kabupaten dan kalurahan.


"Kalau kita bicara kelurahan dulu, kebetulan kelurahan ini belum punya predikat, tetap bisa mengakses dana keistimewaan dengan cara berbeda," kata dia. Misalnya untuk pemanfaatan tanah kas desa. Saat inu baru ada sekitar 11 Kelurahan yang memanfaatkan akses dana keistimewaan dengan model seperti itu.


kalau memang ke sana tapi memang Pak Lurah harus merelakan tanah kas Desa nya yang dipergunakan untuk warga miskin. "Ini kembali ke Pak Lurah," kata dia.


Yang kedua nanti ada proposal yang harus dikirim ke pemerintah 


 Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA yang merupakan Kepala DInas Koperasi UKM DIY, mengatakan SiBakul adalah sebuah sistem pembinaan yang sudah ada tingkatan klasternya. Ada data klasifikasinya dari mulai aspek produksi, tenaga kerja, pembiayaan, teknologi, dan marketing digitalnya. Dari sana akan dikelompokkan klasternya dan kita dekatkan dengan kurikulum yang sudah kita susun. Jadi kalau kita intervensi bisa tepat sasaran,” jelasnya. 

Dalam melakukan pembinaan, Siwi mengaku pembinaan yang dilakukan meliputi proses hulu hingga hilir. “Seluruh fasilitas yang diberikan Pemda DIY harus melalui Diskop UKM DIY dan wajib menjadi mitra SiBakul agar bisa dilihat perkembangannya.  (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment