News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hyperlocal Tokopedia Tingkatkan Penjualan Sejumlah Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Yogyakarta 9,5 Kali Lipat

Hyperlocal Tokopedia Tingkatkan Penjualan Sejumlah Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Yogyakarta 9,5 Kali Lipat


WARTAJOGJA.ID : Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha lokal memulai dan membangun bisnis daring dari wilayah mana pun di Indonesia, serta berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Upaya ini juga sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo termasuk Tokopedia.

 

Hyperlocal Tokopedia punya berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Dilayani Tokopedia. Hyperlocal Tokopedia telah membawa dampak ekonomi yang positif. Rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi yaitu 2,78%, dibandingkan di kota tanpa Hyperlocal Tokopedia yang tercatat 1,26%,” jelas Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.*

 

“Selama lebih dari 14 tahun berdiri, Tokopedia saat ini sudah terdiri dari lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM. Melalui Tokopedia, mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar kepada masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia,” tambah Nuraini.

 

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia mendorong tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia, termasuk Yogyakarta,” kata Nuraini. Salah satu brand lokal Yogyakarta yang membangun bisnis bersama Tokopedia adalah Larissa Aesthetic Center. Berkat Tokopedia dan inisiatif Hyperlocal Tokopedia seperti KTP, usaha skincare alami yang didirikan oleh R. Ngt. Poedji Lirnawati sejak tahun 1984 ini berhasil memperluas pasar dan meningkatkan penjualan di era digital.

 

Brand lokal Yogyakarta di Tokopedia ‘Larissa Aesthetic Center’ usung konsep back to nature

R. Ngt. Poedji Lirnawati mendirikan Larissa Beauty Salon yang kemudian berkembang menjadi Larissa Aesthetic Center. Brand lokal Yogyakarta ini menawarkan berbagai produk dan layanan perawatan kulit wajah, tubuh dan rambut. “Nama Larissa sendiri diambil dari bahasa Latin yang artinya bersinar atau terang,” ungkap General Manager Larissa Aesthetic Center, Caecilia Ruli.

 

Dalam menghadirkan produk kecantikan dan perawatan diri, Larissa Aesthetic Center mengusung konsep back to nature. “Kami menggunakan bahan alami, seperti buah, sayuran dan umbi yang dipadukan dengan teknologi tinggi, aman, berjangka panjang, serta harga yang tetap terjangkau. Kami bekerja sama dengan petani dan supplier lokal yang memiliki standar khusus dari berbagai wilayah seperti Yogyakarta, Bali, Kupang, dan yang berada di sekitar Larissa Aesthetic Center,” jelas Caecilia.

 

Larissa Aesthetic Center juga menerapkan konsep ramah lingkungan dalam berbisnis. Larissa Aesthetic Center mengelola limbah cair dan padat hasil produksi sesuai dengan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL).

 

Larissa Aesthetic Center bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2018. “Bergabungnya kami dengan Tokopedia menjadi turning point bagi kami, khususnya pada pandemi tahun 2020, saat masyarakat tidak bisa keluar untuk mengakses produk atau layanan Larissa Aesthetic Center dan mulai beralih ke platform online, seperti Tokopedia,” ungkap Caecilia.

 

“Sejak bergabung dengan Tokopedia, Larissa Aesthetic Center mendapatkan berbagai manfaat. Mulai dari penjualan yang terus meningkat, lebih mudah mengedukasi produk ke pembeli dan memperluas jangkauan pasar hingga ke seluruh penjuru di Indonesia,” tambah Caecilia.

 

Berkat Hyperlocal Tokopedia, penjualan suplemen kecantikan, hair foam dan sunblock di Yogyakarta naik 9,5 kali

Selain membantu pelaku usaha lokal memulai dan membangun bisnis, Hyperlocal Tokopedia juga mempermudah masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien. Hyperlocal Tokopedia pun mendorong terciptanya tren belanja online masyarakat Indonesia.

 

“Secara keseluruhan, hampir 3/4 dari transaksi antarpulau yang terjadi di Tokopedia menggunakan fitur Bebas Ongkir. Kebutuhan sehari-hari atau groceries (seperti makanan dan minuman serta kecantikan dan perawatan diri), rumah tangga, fesyen, elektronik, olahraga dan hobi menjadi beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang,” jelas Nuraini.

 

Pada kategori produk kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia, suplemen kecantikan, hair foam dan sunblock menjadi beberapa produk paling laris, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi 9 kali lipat.

 

Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang, antara lain olahraga dan hobi, fesyen, serta kebutuhan sehari-hari atau groceries (seperti makanan dan minuman serta perawatan diri).

 

“Selain itu, di DIY, suplemen kecantikan, hair foam dan bath salt menjadi beberapa produk kecantikan dan perawatan diri yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan penjualan hampir 9,5 kali lipat,” jelas Nuraini.

Selain melalui manifestasi Hyperlocal Tokopedia, masyarakat bisa mengakses produk kecantikan dan perawatan diri dengan lebih mudah dan terjangkau melalui kampanye Tokopedia Beauty dengan flash sale mulai dari Rp10.000 dan berbagai penawaran menarik lainnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment