News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anies Baswedan Sambangi Masjid Gedhe Mataram Yogyakarta, Diberi Tombak Cakra

Anies Baswedan Sambangi Masjid Gedhe Mataram Yogyakarta, Diberi Tombak Cakra


WARTAJOGJA.ID : Calon presiden atau capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyambangi  Masjid Gedhe Mataram Kotagede Yogyakarta Minggu petang 13 Agustus 2023.

Dalam kunjungan di masjid yang bagian belakangnya terdapat makam  pendiri Kerajaan Mataram Islam seperti Panembahan Senapati itu Anies menjalani ziarah.

Anies juga mendapatkan suvenir berupa Tombak Cakra Kotagede dari warga yang terdapat ukiran tulisan Ar Rahman dan Al Malik.

"Tombak Cakra ini mengingatkan saya ketika tahun 2015 dulu menerima pengembalian cakra dari Pangeran Diponegoro yang diambil oleh Belanda pada tahun 1828," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla itu menuturkan, tahun 2015 silam saat masih menjabat menteri, 
Cakra Pangeran Diponegoro dikembalikan ke Indonesia.

"Dan kami saat itu mendapatkan kehormatan untuk mewakili pemerintah dan rakyat Indonesia menerima cakra itu kembali," kata Anies.

"Malam hari ini di Kotagede, di Makam Panembahan Senapati, kami menerima kembali sebuah cakra yang bentuknya serupa dari keluarga besar Kotagede, anak keturunan dari para pendiri Mataram Islam," imbuh Anies.

Anies menyebut cakra pemberian warga Kotagede Yogya itu sebagai  simbol amanah pada dirinya.

"Yang mudah-mudahan sifat dari Ar Rahman bisa kami jaga sebagaimana  ketika kami kemarin bertugas (sebagai kepala daerah) di Jakarta," kata Anies.

"Kami tidak membedakan siapapun, semua mendapatkan perlakuan yang sama dan bagaimana kewenangan yang diembankan itu dipakai semaksimal mungkin untuk menghadirkan keadilan di masyarakat," kata Anies.

Anies pun menyatakan, pemberian cakra itu menjadi tambahan semangatnya. 

"Cakra ini seperti tambahan semangat pada semua bahwa ikhtiar kita bukan sekedar satu orang, bukan sekedar satu kelompok, bukan satu, dua, tiga partai," kata dia.

"Tapi ini tentang bagaimana rakyat bisa merasakan keadilan sebagaimana dulu pernah hadir di saat Kerajaan Mataram, dimulai dengan Panembahan Senapati," imbuh Anies.

Perwakilan warga Kotagede Yogyakarta yang turut menyambut Anies, Priyo Salim mengatakan melalui suvenir cakra itu terselip sebuah pesan.

"Kami berharap pesan dari cakra itu terbawa sampai kapan pun, mudah-mudahan itu dikenang dan dipegang kelak insyallaah kalau Pak Anies menjadi pemimpin Indonesia," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment