News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

5228 Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta Mulai Program PKKBN 2023

5228 Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta Mulai Program PKKBN 2023


WARTAJOGJA.ID:  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor Tahun Akademik 2023/2024 pada Sabtu, 12  Agustus 2023 di Gedung  Auditorium UPN Veteran Yogyakarta.

Acara itu dihadiri 5227 mahasiswa baru yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN). 

Turut hadir Direktur Pemberdayaan Aplikasi, Informasi Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pujianto, M.Eng.

Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si, yang memimpin sidang senat menjelaskan upacara Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pembukaan PKKBN kali  ini merupakan kegiatatan  tahun ke 2 yang dilaksanakan secara luring setelah 2 tahun terhenti karena pandemi Covid-19. 

"Saat ini pemerintah melalui Perturan Presiden Nomor 48 Tahun 2023 telah mengakhiri penanganan pandemi Covid-19. Namun saya menghimbau agar kita semua tetap berhati hati agar terhidar dari permasalahan covid-19," kata Rektor.
 
Rektor mengatakan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 209/KMK.05/2021 Tgl. 31 Mei 2021 UPN “Veteran” Yogyakarta berubah pola pengelolaan keuangannya dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU.

"Salah satu janji ketika mengusulkan sebagai BLU adalah meningkatkan layanan kepada masyarakat baik dalam luasan layanan, jenis atau diversifikasi layanan, maupun kualitas layanan," kata dia.

Oleh karena itu mulai tahun akademik 2022/2023 UPN “Veteran” Yogyakarta meningkatkan daya tampung menjadi 4.830 dan pada tahun akademik 2023/2024 meningkat lagi menjadi 5.310  (meningkat  9,93 % dibandingkan tahun lalu). 

Dengan demikian UPN “Veteran” Yogyakarta turut berkontribusi dalam perluasaan kesempatan menempuh pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan pembangunan nasional sebagaimana yang tertuang dalam amanat Pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
"Perlu saya sampaikan bahwa seleksi masuk UPN “Veteran” Yogyakarta pada tahun ini dilaksanakan melalui 3 (tiga) jalur, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Perstasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri. Jalur Seleksi Mandiri, meliputi 4 (empat) skema yaitu skema Prestasi Wimaya, skema Skor/Nilai UTBK, skema Computer Based Test (CBT) Kapasitas Bela Negara, dan skema  Kemitraan. Calon mahasiswa baru jalur SNBP yang lolos seleksi sebanyak  1063 orang, SNBT sebanyak 2.683 orang, dan Seleksi Mandiri sebanyak 1.895 orang," kata dia.

Seleksi Mandiri skema Bela Negara merupakan implementasi dari komitmen UPN “Veteran” Yogyakarta untuk terus melestarikan, mengembangkan, serta menguatkan nilai-nilai bela negara dalam kehidupan bernegara. 

"Ini juga merupakan perwujudan dari komitmen untuk tetap merengkuh keluarga besar veteran dan kementerian pertahanan sebagai Lembaga yang semula menaungi UPN “Veteran” Yogyakarta," kata dia.

Mahasiswa baru diterima secara resmi pada hari ini berjumlah 5.227 orang  yang terdiri dari mahasiswa program Diploma tiga (DIII) sebanyak 49 orang, mahasiswa program sarjana (S1) sebanyak 4.993 orang, mahasiswa Program Magister sebanyak 185,  dan mahasiswa Program Doktor sebanyak 1 orang). Perlu diketahui khusus mahasiswa program sarjana pada tahun ini tingkat keketatan seleksinya adalah 1:14, artinya satu mahasiswa menyingkirkan 14 orang pesaing (meningkat dari tahun lalu 1 : 12). 

"Untuk itu kami ucapkan selamat, bahwa saudara adalah orang terpilih untuk mengikuti pendidikan di Kampus Bela Negara UPN “Veteran” Yogyakarta," ujarnya.

Dari sisi gender, Rektor melanjutkan, mahasiswa baru tahun ini 53,9 persen adalah perempuan dan 46,1 persen adalah laki-laki. Jika dilihat dari sebaran asal daerahnya mahasiswa baru tahun ini berasal dari 34 propinsi dari 37 propinsi yang ada di Indonesia, dengan jumlah terbanyak ke-1 sampai dengan ke-3 yaitu,  ke-1 DIY sebanyak 2.056 orang; ke-2 Propinsi Jawa Tengah sebanyak 1.296; ke-3 Propinsi Jawa Barat sebanyak 450 orang.

Perlu diketahui pada tahun ini terdapat sejumlah 925 mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta adalah pemegang Kartu Indosesia Pintar Kuliah (KIP-K). Kami berharap semuanya dapat disetujui oleh kementrian mengingat mahasiswa pemegang KIPK merupakan generasi muda terpilih yang memiliki kemampuan akademik tinggi namun belum beruntung dari sisi ekonomi.
 
Bersamaan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru ini, menandai dimulainya Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) yang akan diselenggarakan mulai hari ini sampai dengan tanggal 19 Agustus 2023. 

PKKBN Tahun 2023 mengambil tema Menyiapkan Generasi Pioner Pembangunan Berkarakter Bela Negara Untuk Menjaga Keberlanjutan NKRI Menuju Indonesia Emas.

"Dalam PKKBN kali ini semua mahasiswa baru akan mendapat pelatihan bela negara secara spesifik di kesatuan TNI, yaitu di AAU, Kopasgat, dan Yonmek 403," kata dia.

Salah satu tujuan pelatihan bela negara adalah untuk menanamkan kedisiplinan, jiwa korsa, dan kesamaptaan. Tujuan lainnya adalah utuk  mempererat hubungan antara civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta dengan keluarga besar UPN Veteran termasuk TNI.

Semester gasal TA 2023/2024 UPN “Veteran” Yogyakarta akan memulai kegiatan perkuliahan pada tanggal 21 Agutus dan akan berakhir pada 23 Desember 2023. 

"Saya berpesan kepada para mahasiswa untuk mencermati peraturan akdemik termasuk perkuliahan, tugas-tugas, ujian, dll. Tidak lupa saya perlu sampaikan pula bahwa untuk mendukung minat dan bakat ada banyak unit kegiatan kemahsiswaan (UKM)," kata Rektor.

"Semoga para mahasiwa semua dapat memanfaatkan segala fasilitas pembelajaran dan beserta unit kegitan pendukung kegiatan kemahasiswaan yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta," pungkas Rektor (Rls)
 
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment