News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Gelar Ragam Kegiatan Semarakkan Dies Natalis ke-3

AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Gelar Ragam Kegiatan Semarakkan Dies Natalis ke-3


WARTAJOGJA.ID : Berbagai rangkaian kegiatan semarakkan gelaran Dies Natalis ke-3 Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta yang bertema ‘Rekontekstualisasi Seni dan Budaya Tradisional’.

Berbagai rangkaian kegiatan digelar sejak Jumat (30/6/2023) kemarin hingga puncaknya Senin (3/7/2023).

Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Supadma menjelaskan, melalui dies natalis ini pihaknya ingin mengenalkan dan mempromosikan kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, berpartisipasi dalam mempertahankan nilai-nilai sejarah, seni dan budaya khususnya budaya Yogyakarta.

Selain itu juga memberikan fasilitas kepada siswa, mahasiswa, alumni, pelaku seni ataupun masyarakat umum untuk menyalurkan bakat dan karyanya guna mengembangkan kemampuan menjadi insan seni yang kreatif, inovatif dan berwawasan seni.
 
“Sesuai tema yang kita angkat, Dies ini sebagai sebuah action di mana kita mengelola pendidikan berbasis seni budaya utamanya seni budaya di DIY, baik budaya dan tradisi yang ada di keraton,  maupun budaya yang berkembang di masyarakat,” ujarnya.

Sebagai perguruan tinggi vokasi bidang seni dan budaya, kampus yang berada di Sewon ini tidak terlepas dari misi untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya, khususnya seni dan budaya Yogyakarta.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan dimulai di hari pertama dengan napak tilas seniman dan budayawan Yogyakarta dan lomba karawitan.

Hari kedua AKN Seni dan Budaya mengadakan lomba tari klasik yang diikuti 42 peserta, yang salah satu tujuannya adalah mengenalkan kampus AKN Seni dan Budaya kepada generasi muda.

Hari ketiga diisi dengan lomba tari Klasik Gagrak Ngayogyakarta yakni Tari Klana Raja & Golek Ayun-Ayun.  
Kemudian di puncak acaranya, pada Senin (3/7/2023) digelar sidang senat terbuka, kesenian rakyat jathilan dan pagelaran wayang kulit.

Ia berharap, melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat menambah dan menguasai skill serta pengetahuannya.

“Dan ketika lulus bisa mengabdikan diri ke masyarakat sesuai keterampilan dan materi yang pernah diserap,” tuturnya.  

Kasubag TU AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Rais Faisal Akhyar mengungkapkan, bahwa saat ini seni tradisi banyak ditinggalkan atau menjauh dari generasi muda. Ia pun berharap, dengan dies natalis ini, mahasiswa maupun masyarakat luas bisa lebih jeli dalam mengemas kesenian tradisional sehingga lebih dicintai.  

“Caranya kita rekontekstualisasi dengan mengemas seni tradisi ini sehingga dapat dicintai masyarakat luas,” ucapnya.

Adapun usai menggelar rangkaian dies natalis, AKS Seni dan Budaya Yogyakarta juga akan pentas di Pekan Kesenian Bali (PKB) pada Jumat (7/7/2023) mendatang.

Supadma menambahkan, semua program studi (prodi) akan ikut andil dalam kegiatan tersebut. 

Mulai dari prodi seni kriya dengan penampilan demo pembuatan wayang kulit tatah sungging, prodi tari dengan pementasan tari tradisional, serta prodi seni karawitan dengan penampilan pentas karawitan.

Pemberangkatan ke Bali itu juga menjadi bagian dari praktek kerja lapangan (PKL) bagi mahasiswa. Serta menjadi puncak dari kegiatan perkuliahan yang dilakukan oleh mahasiswanya selama dua semester terakhir ini.
 
“Peran AKN Seni Budaya semakin kuat dengan berpartisipasi dalam PKB, harapannya ini jadi penyambung kultural antara Bali dan Jawa.  Ini menjadi tonggak penguat kami. Sebagaimana kita ketahui Bali dan Jogja sangat terkenal seni budaya, maka sinergi antara Pemda Bali dan DIY di masa mendatang perlu diperkuat," pungkasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment