News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan Warga Keluarga Madura Yogyakarta Gelar Halal Bihalal, Siap Sinergi Bangun Negeri

Ribuan Warga Keluarga Madura Yogyakarta Gelar Halal Bihalal, Siap Sinergi Bangun Negeri


WARTAJOGJA.ID: Ribuan warga yang tergabung dalam Keluarga Madura Yogyakarta (KMY) menggelar Halal Bihalal, Sabtu (3/6/2023) malam di  
Grand Pacific Hall Yogyakarta.

Acara yang diwarnai kehangatan dan kekeluargaan itu mengusung tema “Sucikan Hati Gapai Rahmat Ilahi, Menyongsong Kebangkitan Madura Bersinergi Membangun Negeri”.

Tema itu diharapkan KMY menjadi ll modal pondasi untuk membangkitkan semangat yang mendalam dalam jati diri orang Madura di Yogyakarta . 

"Halal Bihalal ini jadi upaya menguatkan persaudaraan warga Madura yang berada di Yogyakarta," kata Ketua KMY, Jugil Adiningrat kepada wartawan.

Jugil mengatakan, potensi yang tertanam dalam diri masyarakat orang Madura harus menjadi tonggak dalam membangkitkan sinergi untuk membangun negeri. 

"Geliat acara Halal Bi Halal Keluarga Madura Yogyakarta, menjadi suatu momentum yang sangat dinantikan," kata dia.

Dalam event itu KMY juga turut mengundang seluruh perwakilan organisasi daerah bagian wilayah Tapal Kuda Jawa Timur yang ada di Yogyakarta, untuk turut andil menjadi bagian dari semangat KMY untuk bersinergi membangun negeri. 

"Tidak dapat dipungkiri bahwa, wilayah Tapal Kuda yang meliputi daerah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, merupakan suatu wilayah yang mempunyai keterikatan yang kuat dengan Madura. Artinya, Madura dalam konteks luas tidak hanya diartikan dalam sisi tekstualnya saja. Dengan begitu, sebagai wujud upaya meneguhkan ghirah kebangsaan, KMY turut memberikan ruang bagi organisasi-organisasi daerah yang berada di bawah naungan wilayah Tapal Kuda," ujarnya.

Dalam momentun Halal Bihalal ini, KMY juga memberi apresiasi karena telah hadirnya seorang tokoh publik, akademisi, yang berasal dari Madura, yang dipandang berhasil mendedikasikan dirinya dalam mewarnai sistem perpolitikan dan membangun kemajuan dan kemajemukan hukum di Indonesia, yaitu Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M,I,P., atau dikenal dengan sebutan Mahfud MD. 

Mahfud menjadi orang Madura yang saat ini menjabat di Kementerian Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI) dalam kabinet Indonesia Maju, era Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut Jugil mengatakan, Mahfud MD juga merupakan satu di antara seorang tokoh yang dikenal publik dengan integritas dan seorang akademisi dengan kualitas keilmuannya yang mumpuni dalam bidang pemerintahan.

"Hal ini menjadi antusiasme yang kuat, dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Madura di Yogyakarta khususnya KMY. Mahfud MD yang juga bagian dari KMY, berhasil menjadi tokoh yang memberikan semangat revolusionis untuk mencetak Mahfud MD-Mahfud MD yang lain guna menyongsong kebangkitan Madura yang dapat memberikan sinergi dalam membangun negeri," kata dia.

Tidak hanya bagi orang Madura, Mahfud MD menjadi bagian semangat para pemuda, akademisi, bahkan seorang politisi Indonesia sebagai patron tokoh yang baik dalam menyongsong kemajuan Indonesia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment