News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mesin Bus Wisata Mati Mendadak Saat Menanjak di Jalur Pantai Gunungkidul Lalu Terguling

Mesin Bus Wisata Mati Mendadak Saat Menanjak di Jalur Pantai Gunungkidul Lalu Terguling




WARTAJOGJA.ID  :  Sebuah bus pariwisata yang mengangkut rombongan wisatawan asal Malang Jawa Timur tiba tiba terguling saat melintas di jalur menanjak Jalan Pantai Ngobaran-Nguyahan, Saptosari, Gunungkidul, Kamis 1 Juni 2023.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun setidaknya ada tiga penumpang mengalami luka ringan akibat kecelakaan bus jenis microbus dengan nomor polisi N-7899-UF berwarna putih kombinasi itu.

"Kejadiannya sekitar pukul 09.30 WIB, bus itu ditumpangi 34 orang rombongan karyawan kursus Mate English dari Malang Jawa Timur," kata Kapolsek Saptosari, Gunungkidul Ajun Komisaris Polisi (AKP) Kusnan Priyono, Kamis.

Bus yang kemudikan sopir Taukid Hadianto asal Malang itu terguling ketika melalui jalur menanjak tepatnya di area Padukuhan Mendak, Kanigoro, Saptosari.

Awalnya bus melaju dari arah utara menuju ke Pantai Ngobaran. Namun sesampainya di lokasi, bus tidak kuat melewati tanjakan kemudian mesin mati. 

"Sopir tidak bisa mengendalikan laju bus sehinga mengakibatkan bus  berjalan mundur sampai menabrak pondasi rumah warga dan terguling," kata Kusnan.

Kusnan mengatakan, arus lalu lintas saat kejadian itu landai lancar dan cuaca cerah. Kondisi medan berupa jalan lurus namun menanjak.

"Tidak ada korban jiwa, namun ada tiga penumpang mengalami luka ringan," kata dia.

Semua korban luka ringan merupakan karyawan rombongan bus itu. Mereka mengalami luka robek bagian mulut dan kepala sehingga dilarikan ke RSUD Saptosari.

"Penumpang yang tidak mengalami luka melanjutkan perjalanan ke Pantai Ngobaran dan Ngrenehan mengunakan kendaraan shutle bus di Rest Area Taman Saptosari," kata Kusnan.

Sedangkan bus yang terguling dievakuasi oleh relawan komunitas mobil Jeep Gunungkidul.

Akibat kecelakaan itu, kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 35 juta dari bus yang rusak. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment