News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hari Lahir Pancasila, Ratusan Personel Bawaslu Sleman Apel Siaga

Hari Lahir Pancasila, Ratusan Personel Bawaslu Sleman Apel Siaga


WARTAJOGJA.ID:  Sekitar 250 personel jajaran pengawas Pemilu di Kabupaten Sleman mulai dari tingkat Bawaslu, Panwaslu kecamatan dan desa, serta perwakilan staf kantor kapanewon mengikuti Apel Siaga bertepatan peringatan Hari Lahir Pancasila Kamis (1/6) di kompleks Griya Persada Convention Hotel Kaliurang.

Apel Siaga yang dirangkai dengan upacara bendera itu menghadirkan empat orator yang secara bergantian menyuarakan gagasan tentang soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas pengawasan Pemilu. 

“Apel Siaga ini untuk membangun kekompakan dan soliditas sehingga bisa menciptakan iklim Pemilu yang kondusif sehingga tidak ada hal-hal yang kemudian diributkan oleh internal pengawas ataupun para peserta Pemilu,” kata Ketua Bawaslu Sleman Abdul Karim Mustofa

Karim mengatakan kegiatan ini juga merupakan bagian dari peningkatan kapasitas aparatur lembaga.

“Jika tidak diingatkan kembali, khawatirnya ada yang tidak sesuai harapan, mudah terprovokasi oleh oknum yang ingin menggagalkan Pemilu,” tambahnya.

Karim mengatakan setidaknya ada tiga jenis pelanggaran yang akan menggejala dalam Pemilu 2024 yakni politik identitas, politisasi sara, dan politik uang. 

Karena itu, tiga hal tersebut yang menjadi titik tekan dalam apel siaga agar semua personel memahami aturan main.

Namun begitu, lanjut Karim, tidak lantas pelanggaran lainnya diabaikan. Pihaknya tetap mengawasi semua lini termasuk media sosial. Menanggapi kemungkinan kampanye terselubung di ruang publik termasuk tempat wisata, dia mengatakan sampai saat ini regulasinya masih sama. 

Kampanye dilarang dilakukan di fasilitas umum, pendidikan, kesehatan, dan tempat ibadah.

“Kita masih menunggu pengaturan kampanye di PKPU. Kalaupun ada dugaan yang mengarah pelanggaran, maka kami akan melakukan imbauan dan pencegahan,” pungkasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment