News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Cangkringan Sleman

Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Cangkringan Sleman

 


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Senin 19 Juni 2023 bertempat di Rumah Makan Bonda Merapi Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, D.I.Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber Retno Sudiyanti, S.H. (Anggota DPRD DIY), Danang Sulistya Haryana (Lurah Umbulharjo), Yanuar Widi Armoyo (Praktisi Branding, Konsultan Bisnis), Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA (Kadiskop UKM DIY).

Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA (Kadiskop UKM DIY) mengatakan Sibakul Jogja merupakan pusat data koperasi dan UMKM Pemda DIY.

“Seluruh kegiatan pembinaan koperasi dan UMKM di wilayah DIY wajib terintegrasi dengan sistem data SiBakul Jogja,” kata dia.

Tujuannya untuk menjaga soliditas, keterbaruan, akurasi dan integrasi data Koperasi dan UMKM. Hal ini sangat membantu memberi gambaran yang tepat postur kekuatan Koperasi dan UMKM di wilayah DIY, sehingga pembinaan Koperasi maupun UMKM dapat diarahkan secara tepat efektif dan berdampak signifikan," ujarnya.

SiBakul Jogja sebenarnya sudah ada sejak 2019 lalu, namun saat diluncurkan masih dalam skema pendataan UMKM yaitu proses mendata dan membina klaster UMKM.

Sebab awalnya ratusan ribu UMKM belum berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka dengan adanya SiBakul Jogja UMKM sudah berbasis NIK sehingga tiap NIK dapat diketahui jenis usahanya, punya sertifikasi atau tidak dan punya daya saing atau tidak.

" Seiring adanya badai pandemi Covid-19 setelah lima bulan diluncurkan SiBakul Jogja bertransformasi menjadi MarketHub. Diskop UKM DIY menyalurkan stimulus kepada UMKM untuk terus memasarkan produknya dengan difasilitasi pemasaran melalui daring," tandasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment