News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Depok Sleman, Sarasehan SIBAKUL Angkat Potensi UMKM Agar Makin Kuat

Di Depok Sleman, Sarasehan SIBAKUL Angkat Potensi UMKM Agar Makin Kuat


WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL digelar di Gedung Dekanat FIK lt 3 UNY, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Kel. Caturtunggal, Kap Depok, Kabupaten Sleman oleh Dinas Koperasi UKM DIY pada Sabtu 10 Juni 2023.

Sarasehan yang mengusung tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber Nuryadi, SPd - Ketua DPRD DIY,  GKR Mangkubumi – Tokoh Pemuda Perempuan Inspiratif, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA - Kadiskop UKM DIY, Drs. Supriyanto, MM. - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta 
Gebyar -  Indigohub Jogja.

UMKM di Depok Sleman terkenal dengam beragam produk kuliner, fesyen, kerajinan dan lainnya. Depok Sleman sering menggelat kegiatan Pasar UMKM untuk memperkuat ekonomi warga. Komunitas UMKM tersebar di 20 padukuhan yang ada di wilayah Kalurahan Caturtunggal. Pasar UMKM ini sangat efektif sebagai wahana mempromosikan produk unggulan warga sehingga semakin dikenal luas dan berkembang.

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY mengatakan
Dinas Koperasi dan UMKM DIY tak henti berusaha memfasilitasi pelaku UMKM berkolaborasi dengan produsen skala besar.

Srie Nurkyatsiwi mengatakan kontinuitas produk, baik menyangkut kualitas dan kuantitas memang masih menjadi kendala tersendiri bagi pelaku UMKM DIY.

Oleh karena itu dinasnya mendorong adanya kemitraan antara usaha mikro kecil dengan usaha menengah. Di mana produk usaha mikro kecil dapat menjadi rantai pasok bagi usaha menengah untuk menjawab kontinuitas produk.

Berdasarkan data BPS secara kumulatif, nilai ekspor DIY dari Januari–Agustus 2022 mencapai 401,6 juta dolar AS atau naik 16,85% dibanding periode yang sama tahun 2021. Ekspor pada Agustus 2022 terbesar ke Amerika Serikat yaitu 19,6 juta dolar AS, disusul Jerman dan Australia masing-masing sebesar 3,7 juta dolar AS.

Siwi mengatakan UMKM DIY sebenarnya memiliki potensi ekspor yang besar sehingga perlu ada yang memanajemen secara intens. 

Instansinya harus menggandeng berbagai pihak terutama pelaku usaha menengah agar terlibat dalam sociopreneur atau melakukan berbagai upaya bisnis untuk mengatasi persoalan yang dihadapi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment