News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Semanu Gunung Kidul, Dorong Potensi UKM Desa Kuat

Sarasehan SIBAKUL di Semanu Gunung Kidul, Dorong Potensi UKM Desa Kuat




WARTAJOGJA.ID: Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar talkshow Sarasehan SIBAKUL pada Minggu 21 Mei 2023 yang dipusatkan di Balai Kel. Pacarejo, Dusun Kuwon Lor, Kel. Pacarejo, Kap.Semanu, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Desa Wisata Pacarejo terletak di Kecamatan Semanu Gunungkidul. Masyarakat Desa Pacarejo membentuk Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) untuk mengoptimalkan potensi wisata yang mereka miliki menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Potensi yang dimiliki Desa Pacarejo diantaranya potensi alam yaitu Goa Kalisuci, Goa Jomblang, Telaga Jonge, Telaga Srilulut, Telaga Ledok dan Batu Giring. Potensi budaya : Candi Dengok, Bersih Telaga Jonge, Rasulan, Jathilan, Nyadran, Permainan Rakyat Tradisional. Saat ini daya tarik wisata Goa Kalisuci dan Goa Jomblang sudah dikenal luas dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hadir sebagai narasumber Bambang Setyo Martono, SE., MBA. selaku Anggota DPRD DIY, Wisnu Harmawan, S.P.,MT selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Koperasi dan UKM, Suhadi - Lurah Pacarejo, dan Yusuf Adhitya Putratama - Praktisi Branding  Sosial Media.

Tema acara talkshow kali ini adalah Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa dengan semangat gotong royong yang mendorong nilai-nilai enterprenership.

Bambang Setyo Martono, SE., MBA. selaku Anggota DPRD DIY membeberkan berbagai kebijakan yang berpihak pada UMKM khususnya milik masyarakat desa/kelurahan. Juga kebijakan khusus yang ditujukan untuk UMKM khususnya dalam mendorong peningkatan pemasaran produk UMKM. Juga strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan UMKM selama masa pemulihan ekonomi ini, pasca pandemic dan memasuki era millennial.

Wisnu Harmawan, S.P.,MT selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Koperasi dan UKM DIY mengatakan talkshow melalui konsep outdoor yang dilaksanakan pada wilayah perdesaan dan wilayah strategis potensial lainnya dengan branding Sarasehan SIBAKUL Jogja ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat kalurahan. 

“Juga tentang kebijakan pembangunan daerah melalui dana keistimewaan dengan menggali kearifan local yang memiliki nilai universal dalam membangkitkan perekonomian daerah yang berpijak pada adaptasi kebiasaan baru,” kata dia.

Acara talkshow ini bertujuan melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM local. Juga melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local serta melakukan dialog tentang tatakelola manajemen desa mandiri budaya.

“ Dinas Koperasi dan UKM berupaya memberdayaan potensi local dalam sarasehan Sibakul untuk memahami geliat upaya pembangunan daerah yang memberdayakan dan saling menginspirasi serta memberikan sosialisasi kebijakan pembangunan daerah lainnya yang berkaitan dengan pembangunan wilayah secara berkelanjutan,” kata  Wisnu Harmawan (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment