News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Masuki Kemarau, Kawanan Monyet Ekor Panjang Bermunculan di Obyek Wisata Hutan Mangunan Bantul

Masuki Kemarau, Kawanan Monyet Ekor Panjang Bermunculan di Obyek Wisata Hutan Mangunan Bantul




WARTAJOGJA.ID : Memasuki musim kemarau Mei ini, kawanan monyet ekor panjang mulai bermunculan di kawasan obyek wisata hutan pinus Mangunan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Kehadiran puluhan monyet ekor panjang itu mulai dikhawatirkan pengelola obyek wisata karena kedatangannya langsung menyebar di sejumlah titik obyek wisata kawasan yang berada di dataran tinggi perbukitan itu.
“Memang belum sampai menjarah makanan atau menganggu aktivitas wisata, namum koloninya cukup masif dan menyebar ke berbagai titik obyek,” kata Ketua Koperasi Notowono selaku pengelola sejumlah obyek wisata di kawasan Mangunan, Purwo Harsono alias Ipung Senin 22 Mei 2023.
Ipung menjelaskan, jika tahun-tahun sebelumnya konsentrasi aktivitas monyet-monyet itu hanya di satu titik obyek, kali ini primata itu tampak ada lebih di tiga titik obyek wisata kawasan yang berada di Kecamatan Dlingo itu.
Seperti di pinggiran desa, di Kedai Kopi Natadamar, di sekitaran Balai Kalurahan Mangunan, di sekitar obyek Pinus Asri dan juga sekitaran Lintang Sewu.
“Sebenarnya monyet-monyet itu sudah mulai bermunculan sejak 11 Mei lalu, saat hujan mulai jarang turun,” kata Ipung.
Pengelola obyek wisata menduga turunnya monyet ekor panjang itu di obyek wisata itu karena di area bukit atas hutan itu makanan untuk mereka mulai sulit diperoleh.
“Dugaan kami karena ini sudah masuk musim kemarau, mereka mulai kesulitan cari makanan di habitatnya," katanya.
Ipung menambahkan, para pelaku wisata dan juga pedagang di kawasan itu khawatir jika turunnya monyet itu semakin masif maka mulai mengganggu aktivitas wisata. 
“Terutama dari para pedagang yang takut dagangannya dijarah,” kata dia. (Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment