News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa Jadi Tema Sarasehan SiBakul di Kretek Bantul

Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa Jadi Tema Sarasehan SiBakul di Kretek Bantul


WARTAJOGJA.ID : Puluhan masyarakat terutama pelaku UMKM antusias menghadiri Sarasehan SIBAKUL yang digelar pada Senin 8 Mei 2023 di Pendopo Suwardi Center, Genting, Tirtomulyo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa menjadi fokus sarasehan yang menghadirkan narasumber antara lain Drs H. Suwardi selaku Anggota DPRD DIY, 
Wisnu Hermawan, SP., MT. selaku Kabid Kewirausahaan Diskop UKM DIY, Ridwan Anas selaku Lurah Tirtomulyo dan Widodo, STP, M. Sc selaku Akademisi / Pelaku UMKM Inspiratif itu.

Talkshow melalui konsep outdoor yang dilaksanakan pada wilayah perdesaan dan wilayah strategis potensial lainnya dengan branding Sarasehan SIBAKUL Jogja ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat kalurahan. Terutama tentang kebijakan pembangunan daerah melalui dana keistimewaan dengan menggali kearifan local yang memiliki nilai universal  dalam membangkitkan perekonomian daerah yang berpijak pada adaptasi kebiasaan baru.  

"Talkshow ini bertujuan melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM local," kata Wisnu Hermawan, SP., MT. selaku Kabid Kewirausahaan Diskop UKM DIY.

Selain itu juga untuk melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local. 
"Melakukan dialog tentang tatakelola manajemen desa mandiri budaya serta melakukan gelar potensi budaya/seni local dengan bungkus sarasehan sibakul," kata Wisnu.

Tak hanya itu, lewat sarasehan ini menjadi wadah memberdayaan potensi local dalam sarasehan sibakul untuk memahami geliat upaya pembangunan daerah yang memberdayakan dan saling menginspirasi.

"Juga memberikan sosialisasi kebijakan pembangunan daerah lainnya yang berkaitan dengan pembangunan wilayah secara berkelanjutan," kata dia. (Cak/Rls)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment