News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mantan Atlet Nasional Yayuk Basuki Soroti Pawai Sea Games Kemenpora

Mantan Atlet Nasional Yayuk Basuki Soroti Pawai Sea Games Kemenpora




WARTAJOGJA.ID:  Perhelatan pawai atau karnaval seharusnya menjadi perhelatan yang bisa dinikmati para pesertanya.

Namun pawai Sea Games 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora pada Jumat 19 Mei 2023 justru jadi sorotan. 

Mantan petenis nasional asal Yogyakarta, Yayuk Basuki mengkritik event pawai yang meski tampak semarak itu. Karena telah menimbulkan kekecewaan bagi sebagian atlet Indonesia yang turut berlaga di Sea Games 2023 di Kamboja lalu. Kekecewaan itu terjadi ketika Timnas U-22 sepakbola seolah diistimewakan.

"Yang menjadi penyebab, dalam pawai itu tampak ada perlakuan khusus bagi salah satu cabor (cabang olahraga)," kata Yayuk di Yogyakarta Sabtu 20 Mei 2023.

Sempat viral di media sosial
atlet renang peraih emas SEA Games 2023 I Gede Siman Sudartawa memilih meninggalkan pawai itu dengan turun dari mobil arak-arakan lantaran merasa tidak dihargai pasca melihat ada cabor lain yang diistimewakan yaitu sepak bola.

Dalam pawai itu puluhan atlet dari 31 cabor peraih medali SEA Games 2023 kompak naik bus karnaval yang disediakan Kemenpora namun Timnas Indonesia U-22 yang justru datang terlambat malah naik bus double decker dan langsung memimpin rombongan kirab.

"Bagi atlet, jiwa sportif itu bukan hanya sebatas di lapangan, tapi juga terbawa di kehidupan sehari-hari," kata Yayuk.

Mantan petenis yang pernah menduduki peringkat sembilan dunia untuk sektor ganda putri dan peringkat 19 dunia untuk sektor tunggal putri itu menegaskan atlet sudah terbiasa disiplin soal waktu dan bertindak secara fair terrhadap situasi apapun 

"Dengan kebiasaan para atlet itu, seharusnya Kemenpora dalam penyelenggaraan pawai Sea Games itu bisa bersikap fair dan obyektif,  sehingga perlakuan khusus pada satu cabor tidak terjadi," kata Yayuk.

Yayuk menuturkan, yang perlu dipahami dalam event pawai seperti itu adalah perlakuan sama pada seluruh atlet. Sebab yang berjuang membawa nama baik Indonesia bukan hanya satu cabor saja.

"Kita semua bangga atas capaian Timnas Sepakbola U-22 yang meraih medali emas, namun demikian, harus ada kesamaan perlakuan yang ditunjukan oleh Kemenpora," kata dia.

"Jangan sampai pawai yang diselenggarakan Kemenpora kemarin membuat gap antar cabor, bahkan antar atlet itu sendiri," ujar dia.

Berkaca dari peristiwa pawai Sea Games 2023 ini, Yayuk menambahkan dalam waktu dekat Indonesia masih akan menghadapi penyelenggaraan Asian Games 2023.

Asian Games yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun lalu diundur menjadi tahun ini tepatnya pada 23 September hingga 8 Oktober.

"Kami semua berharap, atlet kita bisa tetap fokus untuk terus latihan dan berjuang mencapai prestasi yang terbaik," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment