News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kembali Digelar, Sarasehan Sibakul Dipusatkan di Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta

Kembali Digelar, Sarasehan Sibakul Dipusatkan di Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta



WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar talkshow Sarasehan SIBAKUL pada
Sabtu 20 Mei 2023 yang dipusatkan di Balai Kel. Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Balecatur Gamping dikenal sebagai satu wilayah di Sleman yang memiliki banyak potensi dan mendukung keberlangsungan UKM. Salah satunya Desa Wisata Budaya Gamol
di mana wisatawan bisa belajar bercocok tanam, budidaya ikan, sampai memerah dan mengolah susu kambing. Juga melihat dan belajar di sentra budidaya jamur serta pengolahan limbah sampah plastik dalam berbagai produk. 

Hadir sebagai narasumber Anton Prabu Semendawai selaku Wakil Ketua /Anggota DPRD DIY, Wisnu Harmawan, S.P.,MT selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Koperasi dan UKM, Andri Septiyanto - selaku Lurah Balecatur dan pendamping / Pembina UMKM / Profil UMKM Sukses 
 
"Talkshow ini dilakukan dalam rangka memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pemulihan ekonomi daerah melalui pemberdayaan UMKM perdesaan yang diupayakan sejak awal tahun 2022," kata Wisnu Harmawan, S.P.,MT selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Koperasi dan UKM.

Wisnu mengatakan melalui pelaksanaan talkshow yang dilakukan pada lokus wilayah perdesaan/kampong, dengan penerapan protocol kesehatan ini diharapkan mampu menunjukkan bahwa perekonomian bisa tumbuh seiring dengan upaya mengatasi pandemic covid-19.

"Apabila kebiasaan pada era adapatasi kebiasaan baru bisa diterapkan dengan sungguh-sungguh dan konsisten untuk terwujudnya kesejahteraan bersama," kata dia.

Wisnu membeberkan kebijakan pembangunan daerah yang diinisiasi melalui dana keistimewaan tahun 2022 ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dipahami oleh masyarakat.

"Khususnya pelaku usaha dalam menjalankan usahanya di tengah situasi yang mulai pulih," kata dia.

Termasuk didalamnya bagaimana menginisiasi tatakelola desa mandiri budaya, yang juga melibatkan manajemen desa prener dalam menumbuhkan spirit enterprenership di wilayah perdesaan.  

"Menggali spirit kreatifitas dan inovasi adalah upaya yang terus ditumbuhkan agar muncul pelaku-pelaku usaha baru yang sukses dan kreatif menyiasati keadaan," pungkasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment