News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kembali Digelar, Sarasehan Sibakul Dipusatkan di Desa Wisata Pulesari Sleman

Kembali Digelar, Sarasehan Sibakul Dipusatkan di Desa Wisata Pulesari Sleman


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY terus menggalakkan pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan melalui cara pemulihan ekonomi daerah secara berkelanjutan.

Salah satu yang ditempuh melalui talkshow Sarasehan SIBAKUL yang kembali digelar pada Minggu, 14 Mei 2023 bertempat di Desa Wisata Pulesari, Kel. Pulesari, Kel. Wonokerto, Kap. Turi, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber sarasehan kali ini Dra. Rita Nurmastuti, M.Pd. selaku Anggota DPRD DIY, Aris Eko Nugroho, SP., MSi selaku Paniradya Pati Kaistimewan DIY, Riyanto Sulistyo Budi, SE selaku Lurah Wonokerto serta Aditya Bima Santosa Putra selaku Ketua HIPMI 
DIY.
 
Aris Eko Nugroho, SP., MSi selaku Paniradya Pati Kaistimewan DIY membeberkan kebijakan pembangunan daerah yang diinisiasi melalui dana keistimewaan tahun 2022 ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dipahami oleh masyarakat. 

"Khususnya pelaku usaha dalam menjalankan usahanya di tengah situasi yang mulai pulih," kata Aris.

Termasuk di dalamnya bagaimana menginisiasi tatakelola desa mandiri budaya. "Yang juga melibatkan manajemen desa prener dalam menumbuhkan spirit enterprenership di wilayah perdesaan," tegasnya.

"Menggali spirit kreatifitas dan inovasi adalah upaya yang terus ditumbuhkan agar muncul pelaku-pelaku usaha baru yang sukses dan kreatif menyiasati keadaan," ujarnya.

Adapun Desa Wisata Pulesari merupakan satu dari deretan profil desa wisata di Jogja yang lahir dari kesadaran masyarakat, atas potensi lokal yang dimiliki.

Baik itu dari sisi ragam budaya, pesona alam sekitar, kazanah kuliner, maupun nilai sejarah, dan budaya yang ada. Semuanya dikemas dalam sebuah keseruan wisata.

Ia melanjutkan talkshow melalui konsep outdoor yang dilaksanakan pada wilayah perdesaan dan wilayah strategis potensial lainnya dengan branding Sarasehan SIBAKUL Jogja ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat kalurahan tentang kebijakan pembangunan daerah. 

"Terutama melalui dana keistimewaan dengan menggali kearifan local yang memiliki nilai universal dalam membangkitkan perekonomian daerah yang berpijak pada adaptasi kebiasaan baru," kata dia.

Acara talkshow ini bertujuan  melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM local.

"Juga melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local 
serta dialog tentang tatakelola manajemen desa mandiri budaya," kata dia.

"Diharapkan juga melakukan gelar potensi budaya/seni local dengan bungkus sarasehan sibakul," ujarnya. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment