News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Taiwan Higher Education Fair Kembali Hadir di UMY

Taiwan Higher Education Fair Kembali Hadir di UMY



WARTAJOGJA.ID: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali dipercaya Education Division, Taipei Economic and Trade Office (TETO) dan Kementerian Pendidikan Taiwan dalam menyelenggarakan Taiwan Higher Education Fair (THEF)  2023 pada Rabu (15/3) hingga Kamis (16/3) di gedung Sportorium UMY dengan mengadirkan  35 perguruan tinggi dari Taiwan. 

THEF setiap tahunnya hanya diadakan di tiga kota di Indonesia yaitu Surabaya, Jakarta dan Yogyakarta. Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM. ASEAN. Eng dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Taiwan yang telah memberikan kepercayaan kepada UMY dalam menyelenggarakan THEF.   

“Ini adalah suatu kehormatan bagi kami kembali dipercaya oleh Kementerian Pendidikan Taiwan, TETO, Asia University, dan universitas Taiwan lainnya untuk menyelenggarakan agenda yang sangat penting yaitu pameran perguruan tinggi terbesar Taiwan di Yogyakarta,” ungkap Gunawan.  

Gunawan juga menyebut jika ini adalah ketiga kalinya untuk UMY didapuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan THEF.  “Tahun ini adalah ketiga kalinya bagi UMY dalam menyelenggarakan THEF yang berkolaborasi dengan pemerintah Taiwan, TETO dan juga perguruan tinggi di Taiwan, sebelumnya kami mengadakan THEF di tahun 2017 dan 2019. Kami berterimakasih karena kembali mempercayakan UMY sebagai tempat yang stategis dalam dalam menyelenggarakan kolaborasi acara ini,” tutur Gunawan. 

Guru Besar UMY bidang Ilmu Tanah ini juga menyebutkan jika Taiwan adalah salah satu negara yang paling diinginkan mahasiswa menjadi tujuan study lanjutnya.  “UMY selalu mendorong mahasiswanya untuk melakukan studinya ke luar negeri melalui berbagai skema. Setiap tahunnya kami mengirimkan lebih dari 100 mahasiswa ke berbagai universitas di penjuru dunia. Dari berbagai negara yang banyak diminati oleh mahasiswa kami, Taiwan adalah salah satu negara yang banyak diinginkan oleh mahasiswa kami untuk melanjutkan studi baik pertukaran mahasiswa, double degree ataupun program fast track,” sambungnya. 

Dengan adanya agenda ini, Gunawan juga berharap mampu memberikan pengalaman dan juga sudut pandang baru dalam mempelajari hal baru, budaya baru dan juga metodologi pembelajaran yang baru.  

Gloria Liu, Education Division, Taipei Economic and Trade Office dalam sambutannya menyebutkan jika Indonesia adalah negara kedua terbesar pengirim mahasiswa. “Di Taiwan banyak sekali mahasiswa asing yang melakukan studi. Indonesia merupakan negara kedua terbesar sebagai pengirim mahasiswa untuk melakukan studinya. Saya berharap program pameran perguruan tinggi Taiwan ini mampu memberikan sebuah sudut pandang baru bagi mahasiswa ataupun siswa SMA di Jogja yang mungkin belum mengetahui Taiwan dengan segala perguruan tinggi terbaiknya,” paparnya.  

Sementara itu Prof. Ying Huei Chen, Ph.D., Kepala Urusan Internasional Asia University dalam sambutannya menyebutkan jika UMY bukan hanya sekedar partner kerjasama pendidikan.  

“Bagi saya, UMY bukan hanya partner bagi kami dalam melakukan kerja sama tetapi lebih dari itu kami menganggap jika UMY adalah saudara kami. Prof. Gunawan dan Prof. Nurmandi secara pribadi sudah saya anggap tak hanya seperti kolega saja tetapi juga teman dekat. Kami selalu siap untuk berkolaborasi dengan UMY dalam memajukan mutu pendidikan kedua perguruan tinggi ini,” ucap Ying. 

Lebih lanjut ia juga mengatakan jika Taiwan adalah salah satu negara di Asia yang memiliki banyak sekali perguruan tinggi terbaik dan ramah bagi mahasiswa muslim.  

“Taiwan adalah salah satu negara di Asia yang memiliki perguruan tinggi terbaik. Taiwan juga menjadi negara yang ramah bagi mahasiswa muslim dalam melanjutkan studinya. Universitas di Taiwan sudah memiliki musholla, kantin makanan halal dan juga toilet khusus bagi muslim, sehingga negara ini sangat cocok bagi mahasiswa muslim yang hendak melanjutkan studinya,” tegasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment