News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sosok Wamen Kemenkumham Edward Omar Sharif Hiariej Yang Gemar Berolahraga dan Menulis

Sosok Wamen Kemenkumham Edward Omar Sharif Hiariej Yang Gemar Berolahraga dan Menulis

 
Edward Omar Sharif Hiariej (ist)

WARTAJOGJA.ID: Sosok tokoh ahli hukum bergelar profesor bernama lengkap Edward Omar Sharif Hiariej menjadi bahan pemberitaan. Nama Eddi yang kini dipercaya Wakil Menteri Kementerian Hukum' dan HAM dikaitkan oleh Ketua Polisi Indonesia Watch (IPW) Teguh Sugeng Santoso dalam kemelut 
PT Citra Lampia Mandiri (CLM). 

IPW melaporkan ke KPK adanya dugaan gratifikasi 7 miliar kepada Wamen Kemenkumham. Dengan tegas Eddie panggilan akrabnya itu membantah perihal laporan IPW. Dia hanya memikirkan bagaimana sosialisasi RUU KUHP kepada masyarakat luas. Dan juga menjaga pola kesehatan tubuh dengan berolahraga. 

Rupanya dibalik kesibukan sebagai pejabat negara, mantan Wakil Rektor UGM tetap menjaga kesehatan stamina tubuhnya dengan berolahraga. Dirinya terus menjaga stamina tubuh dalam menjaga kesehatan dalam berolahraga. Seperti itu lah yang dilakukan Wakil Menteri Kementerian Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej.

Sejak duduk di bangku kuliah dirinya bergemar olahraga. Olahraga yang dipilih yaitu sesuai dengan yang suka, seperti berenang, lari dan tenis. Namun yang sering dilakukan pria kelahiran Ambon, 10 April 1973 yaitu tennis. Begitu hobinya ia juga dipercaya sebagai Ketua Umum Wakil  Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) periode 2022-2027.

Atas terpilihnya itu mantan kampus UGM ini punya harapan tennis makin lebih baik. Menurutnya menjadi tugas dan tanggung jawab dirinya tenis punya bibit yang berprestasim. "Saya secara pribadi dan pengurus berharap tenis ke depan bisa dimasukkan ke Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Tanpa dukungan dari Kemenpora, KONI, dan para pemangku kepentingan lainnya tidak bisa untuk sampai pada visi dan misi kami," ujarnya. 

Terkait gemar berolah raga, lanjut dia bahwa dilakukan rutin setiap pagi yaitu lari.Dan untuk tennis dilakukan seminggu dua kali. "Olahraga penting yaitu menjaga stamina kesehatan tubuh, sehingga wakti harus di disesuaikan dengan baik," tegasnya. 

" Kalau tidak sempat kita bermain di kantor, bahkan saat kunjungan kita manfaatkan pula main tennis,"katanya. 

Ternyata tidak hanya gemar berolahraga ia juga hobi membaca dna menulis buku. Banyak hasil karya bukunya sudah di terbitkan oleh mantan Wakil Rektor UGM.
Di antaranya Asas Legalitas dan Penemuan Hukum dalam Hukum Pidana (2009), Teori dan hukum Pembuktian (2012), Prinsip-prinsip Hukum Pidana (2016), Pengantar Hukum Pidana Internasional (2009), Hukum Acara Pidana (2015), Pengadilan Atas beberapa Kejahatan Serius Terhadap HAM (2010) dan sebagainya.

Nama Edward Omar Sharif Hiariej muncul ketika menjadi saksi  ahli bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi dalam Pilpres 2019. Selain itu, ia juga kerap menjadi saksi kasus penistaan agama yang menjerat mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada tahun 2017.

Sehingga tidak heran kepercayaannya Presiden Jokowi kepada dirinya. Padahal sebelumnya sang ayah meminta Edward menjadi Jaksa. Namun di kemudian hari almahrum  ayahnya meminta Edward agar menjadi pengacara agar dapat membela masyarakat. 

PENDIDIKAN 

SMA lulus pada tahun 1992
S1 Fakultas Hukum UGM (1993 - 1998)
S2 Fakultas Hukum UGM (2002 - 2004)
S3 Fakultas Hukum UGM (2007 - 2009)
Guru Besar Ilmu Hukum Pidana Fakultas Hukum UGM pada tahun 2010

KARIER

Dosen Fakultas Hukum UGM (1999 - sekarang)
Asisten Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UGM (2002 - 2007)
Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum dan LLM Program UGM
Wakil Menteri Hukum dan HAM Indonesia (2020 - 2024)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment