News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sekda Kota Jogja Kampanyekan Gerakan Zero Sampah Anorganik Lewat Ketoprak

Sekda Kota Jogja Kampanyekan Gerakan Zero Sampah Anorganik Lewat Ketoprak


WARTAJOGJA.ID: Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bakal menggelar Ketoprak Nara Praja pada  Kamis (9/3/2023) mendatang pukul 19.30 WIB di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta dan terbuka untuk umum secara gratis.

Dalam gelaran ini, Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan ketoprak yang mengusung tema ‘slangkrah memasuh malaning bumi’ jadi ajang 
mengkampanyekan gerakan zero sampah anorganik. 

"Pementasan ketoprak bercerita tentang negeri Amarta yang dilanda pagebluk hingga banyak penduduk yang mati," kata Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya dalam konferensi pers Selasa (7/3).

Aman mengatakan pementasan Ketoprak Nara Praja ini selain sebagai media pelestarian kebudayaan juga sebagai wadah untuk mengedukasi masyarakat berkaitan dengan isu sampah.

Kampanye gerakan zero sampah anorganik, lanjutnya, harus dilakukan secara besar-besaran, termasuk melalui kegiatan seni budaya yakni ketoprak.

"Sebagaimana kita tahu, sampah menjadi isu terkini di Kota Yogyakarta. Melalui gerakan zero sampah anorganik yang dilakukan Pemkot Yogyakarta diharapkan dapat menekan angka produksi sampah rumah tangga," ujarnya.

Dalam pementasannya, ketoprak yang disutradarai Altiyanto Henryawan ini juga diikuti oleh pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan kepala OPD di lingkungan Pemkot Yogyakarta.

Seperti Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi berperan sebagai Begawan Abiyasa, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudyatmoko berperan sebagai Resi Durna, dan Komandan Kodim 0734 Letkol ARH Burhan Fajari Arfian berperan sebagai Gatotkaca.

Selain itu Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Saiful Anwar berperan sebagai Werkudara, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Yogyakarta, Saptana Setya Budi berperan sebagai Patih Udawa.

Tak hanya pimpinan Forkopimda Kota Yogyakarta saja, ketoprak ini juga diikuti oleh para pejabat di lingkup Pemkot Yogyakarta, salah satunya adalah Sekda Kota Yogyakarta yang berperan sebagai Prabu Kresna.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti menambahkan dalam ketoprak tersebut juga melibatkan seniman ketoprak ternama seperti Susilo Nugroho atau Den Baguse Ngarso, Dalijo Angkring, dan Rio Srundeng.

"Gelaran ini juga sebagai bentuk komitmen kami (Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta) dalam mewujudkan upaya pembinaan, pelestarian dan pengembangan kebudayaan di Kota Yogyakarta," pungkasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment