News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul Jogja Episode 1 Digelar Di Jenggleng Kalangan Yogyakarta

Sarasehan Sibakul Jogja Episode 1 Digelar Di Jenggleng Kalangan Yogyakarta




WARTAJOGJA.ID:  Dinas Koperasi UKM DIY kembali menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Sibakul Jogja yang diselenggarakan pada hari Senin, 20 maret 2023 dimulai pukul 10.00 WIB. 

Kegiatan ini merupakan sarana dimana para pelaku UMKM bisa bertemu langsung dengan pemangku kepentingan yang dapat mendukung perkembangan perekonomian. Pada episode pertama di tahun ini, 

Sarasehan Sibakul Jogja menghadirkan 4 narasumber, diantaranya RM. SInarbiyatnujanat, S.E. dari DPRD DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA yang merupakan Kepala DInas Koperasi UKM DIY, Gunawan Sigit Putranto, S.H. yang merupakan Lurah Patehan, serta Azam Sauki Adham yang merupakan owner Kelas Juragan. 

Dan kegiatan ini dipandu oleh MC Martha Sasongko serta Adnan Yuniar Kumoro Jati. 

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 30 orang pelaku UMKM. Dengan mengangkat tema “Pemberdayaan UMKM Melalui Kewirausahaan Desa”.

"Diharapkan dari sarasehan ini para pelaku usaha di desa mampu memaksimalkan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing agar kemudian dapat ditingkatkan menjadi nilai jual yang lebih tinggi," kata Kepala Dinas Koperasi UKM DIY Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA.

Srie Nurkyatsiwi menambahkan tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM lokal.

"Selain itu dari kegiatan ini kami juga melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local dan
melakukan dialog tentang tatakelola manajemen desa mandiri budaya," kata Srie Nurkyatsiwi.

Dari sarasehan ini, Srie Nurkyatsiwi mengatakan pihaknya juga mendorong gelar potensi budaya/seni local dengan bungkus sarasehan Sibakul.

"Prinsipnya kami coba memberdayaan potensi local dalam sarasehan sibakul untuk memahami geliat upaya pembangunan daerah yang memberdayakan dan saling menginspirasi," kata dia.

Srie Nurkyatsiwi menambahkan
dari sarasehan ini pihaknya ingin memberikan sosialisasi kebijakan pembangunan daerah lainnya yang berkaitan dengan pembangunan wilayah secara berkelanjutan.

Pada kesempatan ini pula turut hadir Pusat Layanan Usaha Terpadu Dinas Koperasi UKM DIY yang memberikan pelayanan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) secara gratis, selain itu hadir pula layanan foto produk UMKM secara gratis yang dimanfaatkan optimal oleh para peserta. 

Kegiatan ini ditutup dengan sebuah penampilan Tari Gambyong dari Sanggar Widyakartika. (Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment